Pengaruh Kompetensi Sosioemosional pada Anak dalam Pembuatan Tugas Mandiri

Rosida Tiurma Manurung, Maria Yuni Megarini Cahyono, Meilani Rohinsa Sitompul, Revina Priscila

Abstract


Istilah sosioemosional secara etimologi berasal dari kata sosial dan emosional. Kompetensi sosial dan emosional adalah kemampuan untuk memahami, mengelola, dan mengekspresikan aspek-aspek sosial dan emosional kehidupan seseorang. Dengan kompetensi tersebut, seorang anak mampu meraih keberhasilan, melaksanakan tugas sehari-hari seperti belajar membentuk hubungan, berinteraksi, memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, dan beradaptasi dengan tuntutan pertumbuhan dan perkembangan yang kompleks. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kompetensi sosioemosional pada anak saat mengerjakan tugasnya secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner yang ditujukan kepada orang tua yang memiliki anak dengan kisaran umur 8-15 tahun, yang dalam kuesioner yang dipaparkan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh responden secara jujur. Berdasarkan hasil responden, diperoleh hasil penelitian bahwa kompetensi sosioemosional diperlukan untuk dapat mengerjakan tugas secara mandiri.


Keywords


kompetensi sosioemosional, tugas, belajar mandiri

Full Text:

PDF

References


Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan

Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-240.

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini. Al

Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(2), 1-22.

Padang, M. A. I. A. (2018). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Kompetensi Sosial

pada Anak Usia 9-11 Tahun. Doctoral Dissertation

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan

sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156-171.

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap

Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi

PGRA, 6(1), 84-88.

Wati, R. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan

Keluarga. PALAPA, 8(2), 369-382.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena

& Herdan, Agnieszka, 17.

Muhammad, A. A. (2013). Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud Untuk

Memiliki Sertivikat Atas Hak Ulayat Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung,

UPI, (66-68).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1525-1534.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id