Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden 56 responden (orang siswa) di kelas VII. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan hasil ulangan siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan di uji dengan regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu SPSS 2020 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Mts Negeri 1 Kota Gorontalo. Besaran Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa 9% sedangkan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII di MTsS Darul
Aman Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Ardiansyah, Maruwae (2019). Pengaruh Perhatian Orang tua terhadap prestasi belajar
siswa, (Jambura Economic Education Journal)
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team
assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266427.
Hakiki, M., Menrisal, M., & Radyuli, P. (2016). Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil
Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Kelas XII Sma
Negeri 3 Padang). RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL
TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Pkn MURID
SEKOLAH DASAR. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 1(1), 42-47.
Kasmawati, K. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching
Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA MAN 1
Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar). Mauke, M., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning
Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam
Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).
Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil
belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Oktaviansa, W. A., & Yunus, Y. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ctl
(Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Siswa SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesisn, 2(01), 34-43.
Prayogi, O., Siswantoro, S., & Suwarjo, S. (2018). Pengaruh Contextual Teaching and
Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar PKn. Pedagogi: Jurnal Pendidikan
Dasar, 6(5).
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil
Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on
their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),
-92.
Roziq, M. F. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN
TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS
IV. Joyful Learning Journal, 8(1), 31-37.
Rusyda, N. A., & Sari, D. S. (2017). Pengaruh penerapan model Contextual Teaching and
Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP
pada materi Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan
Matematika), 1(1), 150-162.
Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian matematika semester
genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37-47.
Sanjaya, Wina (2006) ¸Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana
Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya
manusia. Journal Of Administration and Educational Management
(ALIGNMENT), 2(1), 93-104.
Suprapto, E. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kontekstual, pembelajaran
langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar
kognitif. invotec, 11(1).
Sugiyono, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI
MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL
TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XII TIPTL 1 SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN
/2018. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2),
-119.
Tambun, N. K. (2016). OPTIMALISASI LANGKAH-LANGKAH MODEL
PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
DENGAN PRINSIP WHAT WHY WHAT FOR AND HOW UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn. Daiwi Widya, 3(2).
Udin, S. (2007). Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Wulandari, P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching
And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah
Akhlak Kelas V Di Min 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran
/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Winataputra, U. S. (2007). dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing
Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar
Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah
Kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.
Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier sederhana. Denpasar: Universitas
Udayana.(Accesed on April 30th 2021 from https://simdos. unud. ac.
id/uploads/file_pe ndidikan_1_dir/321812643.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1479-1490.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id