Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo

Nurlinda Yunus, Irina Popoi, Ardiansyah Ardiansyah, Usman Moonti, Abdulrahim Maruwae

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden 56 responden (orang siswa) di kelas VII. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan hasil ulangan siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan di uji dengan regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu SPSS 2020 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Mts Negeri 1 Kota Gorontalo. Besaran Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa 9% sedangkan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.


Keywords


Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Azhar, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII di MTsS Darul

Aman Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Ardiansyah, Maruwae (2019). Pengaruh Perhatian Orang tua terhadap prestasi belajar

siswa, (Jambura Economic Education Journal)

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team

assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata

pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 266427.

Hakiki, M., Menrisal, M., & Radyuli, P. (2016). Pengaruh Penerapan Model

Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil

Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Kelas XII Sma

Negeri 3 Padang). RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL

TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR Pkn MURID

SEKOLAH DASAR. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 1(1), 42-47.

Kasmawati, K. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching

Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA MAN 1

Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin

Makassar). Mauke, M., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning

Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam

Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil

belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Oktaviansa, W. A., & Yunus, Y. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ctl

(Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar

Siswa SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesisn, 2(01), 34-43.

Prayogi, O., Siswantoro, S., & Suwarjo, S. (2018). Pengaruh Contextual Teaching and

Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar PKn. Pedagogi: Jurnal Pendidikan

Dasar, 6(5).

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil

Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on

their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),

-92.

Roziq, M. F. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN

TANGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS

IV. Joyful Learning Journal, 8(1), 31-37.

Rusyda, N. A., & Sari, D. S. (2017). Pengaruh penerapan model Contextual Teaching and

Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP

pada materi Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan

Matematika), 1(1), 150-162.

Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis kualitas soal ujian matematika semester

genap kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Numeracy, 4(1), 37-47.

Sanjaya, Wina (2006) ¸Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana

Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya

manusia. Journal Of Administration and Educational Management

(ALIGNMENT), 2(1), 93-104.

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kontekstual, pembelajaran

langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar

kognitif. invotec, 11(1).

Sugiyono, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI

MATRIKS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL

TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS XII TIPTL 1 SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN

/2018. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2),

-119.

Tambun, N. K. (2016). OPTIMALISASI LANGKAH-LANGKAH MODEL

PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

DENGAN PRINSIP WHAT WHY WHAT FOR AND HOW UNTUK

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn. Daiwi Widya, 3(2).

Udin, S. (2007). Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Wulandari, P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching

And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah

Akhlak Kelas V Di Min 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran

/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Winataputra, U. S. (2007). dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing

Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar

Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah

Kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.

Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier sederhana. Denpasar: Universitas

Udayana.(Accesed on April 30th 2021 from https://simdos. unud. ac.

id/uploads/file_pe ndidikan_1_dir/321812643.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1479-1490.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id