Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai kegiatan dari berbagai sektor mengalami perubahan akibat penyebaran virus yang massif, salah satunya yaitu pendidikan. Proses belajar yang semula biasa diadakan di kelas harus berganti menjadi pembelajaran secara daring sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan kegiatan pendampingan belajar dengan menerapkan model pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring yang dikenal dengan istilah blended learning. Bentuk pembelajaran ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar secara efektif dan efisien, mampu meningkatkan kemandirian, dan mudah dalam memahami materi karena kegiatan belajar merupakan gabungan dari pembelajaran daring dan luring (tatap muka). Presentase jawaban atas kuesioner dengan responden setuju dengan nilai tertinggi yaitu sebesar 67,2%, yang menunjukan bahwa pembelajaran blended learning menarik perhatian mahasiswa dan penggunaan blended learning dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Destiana, Irna Dwi., Rahayu, Wiwik Endah., Mukminah Nurul, Y. O. (2019). Penerapan
Model Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Argoindustri Politeknik Negeri Subang. EDUFORTECH, 4(2).
https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edufortech.v4i2.19371
East Coast Polytechnic Institute. (2022). What is the Role of a Student Nurse While
They’re Learning?
Escolar-llamazares, M. (2020). Effectiveness of Blended Learning in Nursing Education.
International Journal of Blended Learning in Nursing Education, 17(5).
https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph17051589
Fadillah, M. I., & Dewi, S. (2019). Implementasi kebijakan pengembangan kompetensi
teknis berbasis e-learning (study kasus penyelenggaraan management of training).
Konferensi Nasional Ilmu Administrasi.
Imtikhani, Lailatul, Arrazi, Rifki Maulana Al Amjad, M. D. (2020). Peran pendampingan
belajar blended learning di masa pandemi covid-19 untuk siswa sekolah dasar.
Lawinsider.com. (2020). Nursing student definition.
Lestari, P. B., & Hartati, T. A. W. (2020). Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran
Blended Learning pada Matakuliah Ilmu Gizi. Prosiding Seminar Nasional IKIP
Budi Utomo, 01(01), 557–562.
https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1117
Mariani, A. (2020). Implementasi Perkuliahan Secara Blended Learning dalam
Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
UNNES. Retrieved from
https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=implementasi+perku
liahahn+secara+blended+learning+dalam+peningkatan+kualitas+pembelajaran&bt
nG=
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan
Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110.
Pramana, C., Handayani, O. W. K., Raharjo, T. J., & Rahayu, S. R. (2022). Nursing
Students ’ Perceptions and Acceptance of Online Learning during the COVID-19
Pandemic in Indonesia. Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(G), 183–188.
https://doi.org/https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.8329
Sáiz-Manzanares, M. C., Escolar-Llamazares, M.-C., & González, A. A. (2020).
Effectiveness of blended learning in nursing education. International Journal of
Environmental Research and Public Health, 17(5), 1589.
https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph17051589
Sari Annisa Ratna. (2013). Strategi Blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian
Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43.
https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689
Sastraasmoro, S., & Ismael, S. (2011). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis (4th
ed.). Jakarta: CV Sagung Seto.
Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada
Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar.
Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168.
https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5373
Wahyuni, Rahmi., dan N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended
Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81.
https://doi.org/https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1365
Wahyuni, R. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Almuslim.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1399-1406.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id