Pelatihan Batik Kreatif Teknik Transfer Warna Sebagai Elemen Penunjang Interior Bagi Siswa SMA Pada Mata Kuliah Keterampilan

Cama Juli Rianingrum, Ariesa Pandanwangi, Atridia Wilastrina, Erlina Novianti, Drajatno Widi Utomo, Belinda Sukapura Dewi, Indralaksmi Indralaksmi

Abstract


Batik kreatif pada masa sekarang semakin berkembang secara proses dan variasinya baik secara tehnik, pengolahan material, motif, dan hasilnya. Salah satu yang sedang dikembangkan adalah batik dengan tehnik transfer warna. Keunggulan dalam proses membatik transfer warna adalah tidak memakai bahan kimia, memiliki proses yang lebih sederhana dan cepat, serta ramah lingkungan. Maka hal tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat melalui Pengabdian pada Masyarakat (PkM). Kegiatan PkM ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang proses membatik kreatif dengan sistim transfer warna. SMK Kebangsaan Tanggerang Selatan adalah sekolah yang memfokuskan pada pengembangan batik. Inovasi baru yang ditawarkan pada pelatihan PkM diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pengembangan materi teknik membatik dan dapat memperkaya khasanah teknik pembatikan di Indonesia. Karena masih masa pandemic, maka pelatihan pada tahap awal ini masih secara online dengan metode angket dan metode praktik dengan pendekatan cooperative learning. Diharapkan setelah masa pandemi selesai dapat dilanjutkan dengan metode eksperimen dan metode participatory action research. Hasil PkM diharapkan menambah wawasan para siswa mengenai perkembangan proses membatik sebagai warisan budaya tradisi.

Keywords


batik kreatif, tehnik transfer warna, ketrampilan membatik, elemen penunjang interior

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (S. Z. Qudsy (ed.); 3 ed.).

Pustaka Pelajar.

Hendrawati, H., Syamsumarsih, D., & Nurhasni, N. (2013). Penggunaan Biji Asam Jawa

(Tamarindus indica L.) dan Biji Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.) Sebagai

Koagulan Alami Dalam Perbaikan Kualitas Air Tanah. Jurnal Kimia VALENSI,

(1), 22–33. https://doi.org/10.15408/jkv.v3i1.326

Pandanwangi, A., Ida, I., Ratnadewi, R., Manurung, R. T., Budiman, I., & Vincent, V.

(2021). Tingkat Kebahagiaan Masyarakat setelah Adanya Mural di Kelurahan

Sukawarna Kecamatan Sukajadi Bandung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan

Budaya, 7(2), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i2.365

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media

Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII.

Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam

Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62.

https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rianingrum, C. J., & Pandanwangi, A. (2021). Escalation of Society’s competitiveness:

Escalation of Young Entrepreneurship Competence through Workshop of Processed

Tamarind on top of Wastra. In A. Rahmat & R. Tiurma (Ed.), Community Service

in the Midst of the Covid-19 (1 ed., hal. 35–42). Novateur Publication, India.

https://novateurpublication.com/index.php/np/catalog/book/41




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1357-1366.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id