Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama
Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan
Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the Implications
of Online Learning for Educational Productivity Center for Technology in
Learning SRI International. 76. http://www.ed.gov/technology
CristalL, W., & Sano, A. (2013). Hubungan Keterampilan Mencatat Dengan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. KONSELOR 2, 83–87.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2),81–89.
https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A.
(2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-
Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.
https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v17i2.138
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses
Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel
Pendidikan),5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar
Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19
Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta Self-
Regulated Learning Of Students Studying Online. PERSPEKTIF Ilmu
Pendidikan, 34(2), 147–154.
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap
Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah
Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.
Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169.
https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Lasapa, N., & Dkk. (2014). Upaya Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian
Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres
Pongian Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(1), 74–90.
Maknuni, J., & Artikel, I. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap
Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration
and Leadership Journal (IDEAL) 02, 94–106.
https://online journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek
Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial
Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai
Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal
Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.
https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online
Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of
Islamic Education, 2(1), 1 https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nursina, Umran, L. O. M., & Joko. (2011). Penggunaan Smartphone Dalam
Mengembangkan Pola Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten
Buton Utara. Ilmu Komunikasi, 1–21.
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam
Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan
Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi
Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi
COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol.2, Issue1).
https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Puspitasari, N. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi
Covid 19 Pada Guru SD Negeri Dukuhwaru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDARIS Undaris, 11, 170–186.
Riski, L., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2018). Literasi Informasi Siswa Sekolah
Menengah Pertama dalam Pengerjaan Tugas Sekolah. BIBLIOTIKA : Jurnal
Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 132–140.
https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p132
Riyana, C. (2019). TPEN4401 – Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online
Perpustakaan UT. Universitas Terbuka.
https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/tpen4401- produksi-bahan-pembelajaranberbasis-
online-2/
Satgas, C. (2021). Peta Sebaran COVID-19| Satgas Penanganan COVID-19.
https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19
Setiono, P, Dadi, S, Yuliantini, N, Anggraini, D. 2021. Analisis Respon Mahasiswa
Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education and Development.
Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan
Unnes, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921
Sulaiman, S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Tugas (PBBT) Melalui
Pembelajaran Daring. Metalingua, 5(2), 95–100.
https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/arti cle/view/8886
Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19
melalui. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 03).
https://doi.org/10.33449/JPMR.V5I3.12896
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace
classroom learning? In Communications of the ACM (Vol. 47, Issue 5, pp. 75–
. Association for Computing Machinery (ACM).
https://doi.org/10.1145/986213.9862
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1335-1342.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id