Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring

Armansyah Armansyah, Herman Herman, Alfi Hendri, Eko Murti Saputra, Yuritanto Yuritanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan pada Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang Tahun Akademik 2020-2021. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan mahasiswa lintas angkatan yang pernah mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket pertanyaan atau kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan pada Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang mampu mengarahkan untuk belajar mandiri dan terampil menggunakan perangkat teknologi. Pembelajaran daring dapat membantu mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi dalam pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Keywords


Pembelajaran, Daring, Mahasiswa, Dosen

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama

Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan

Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the Implications

of Online Learning for Educational Productivity Center for Technology in

Learning SRI International. 76. http://www.ed.gov/technology

CristalL, W., & Sano, A. (2013). Hubungan Keterampilan Mencatat Dengan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. KONSELOR 2, 83–87.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2),81–89.

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A.

(2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-

Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v17i2.138

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses

Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel

Pendidikan),5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar

Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19

Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta Self-

Regulated Learning Of Students Studying Online. PERSPEKTIF Ilmu

Pendidikan, 34(2), 147–154.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap

Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah

Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19.

Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169.

https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Lasapa, N., & Dkk. (2014). Upaya Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian

Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres

Pongian Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(1), 74–90.

Maknuni, J., & Artikel, I. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap

Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Education Administration

and Leadership Journal (IDEAL) 02, 94–106.

https://online journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek

Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial

Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai

Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal

Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640.

https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online

Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of

Islamic Education, 2(1), 1 https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nursina, Umran, L. O. M., & Joko. (2011). Penggunaan Smartphone Dalam

Mengembangkan Pola Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten

Buton Utara. Ilmu Komunikasi, 1–21.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam

Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan

Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi

Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi

COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In

EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol.2, Issue1).

https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Puspitasari, N. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi

Covid 19 Pada Guru SD Negeri Dukuhwaru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDARIS Undaris, 11, 170–186.

Riski, L., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2018). Literasi Informasi Siswa Sekolah

Menengah Pertama dalam Pengerjaan Tugas Sekolah. BIBLIOTIKA : Jurnal

Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 132–140.

https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p132

Riyana, C. (2019). TPEN4401 – Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online

Perpustakaan UT. Universitas Terbuka.

https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/tpen4401- produksi-bahan-pembelajaranberbasis-

online-2/

Satgas, C. (2021). Peta Sebaran COVID-19| Satgas Penanganan COVID-19.

https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Setiono, P, Dadi, S, Yuliantini, N, Anggraini, D. 2021. Analisis Respon Mahasiswa

Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education and Development.

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan

Unnes, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921

Sulaiman, S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Berbasis Tugas (PBBT) Melalui

Pembelajaran Daring. Metalingua, 5(2), 95–100.

https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/arti cle/view/8886

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19

melalui. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 03).

https://doi.org/10.33449/JPMR.V5I3.12896

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace

classroom learning? In Communications of the ACM (Vol. 47, Issue 5, pp. 75–

. Association for Computing Machinery (ACM).

https://doi.org/10.1145/986213.9862




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1335-1342.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id