Penerapan Metode Every One Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas II MI Hidayatullah Marisa

Nuraeni Nuraeni

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing - masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : prestasi siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar fiqih siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan hasil prestasi fiqih siswa pada siklus I rata rata 62,50 % hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata - rata 87,50% dan persentasi ketuntasan belajar 80%

Keywords


Prestasi Belajar, Metode Every One Is A Teacher Here

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta,

Asmu’i. 2004. Metode Pengajaran Ilmu Fiqih Menurut Dr. Yusuf Al

Qardhawi.Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang

Depag RI. 2004. Standar Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan

Agama Islam

Hadi, Sutrisno. 1997. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Ibrahim, Muslim. 1990. Pengantar Fiqh Muqaaram. Jakarta: Erlangga

Kunandar. 2003. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Purwanto, M Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Silberman, Melvin L. 2004. Activ Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung:

Penerbit Nusa Media dan Nuansa,

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta

: IAIN Sunan Kalijaga




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1253-1262.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id