Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 006 Tarakan
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas I SD Negeri
006 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Populasi penelitian yakni siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dan sampel diambil
menggunakan Purposive Sampling dari kelas I C berjumlah 28 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data penelitian ini diambil menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan dengan persamaan regresi Y = 5,918 + 0,994X, dimana signifikansi hubungan ditunjukkan oleh thitung 5,998 > ttabel 2,056. Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh 0,762 menunjukkan bahwa antara penggunaan aplikasi zoom cloud meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan berada pada skala hubungan kuat. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan hasil adalah 58,1 % sedangkan sisanya 41,9 % dipengaruhi oleh variabel lain. Hal tersebut menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri 006 Tarakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admadianti, T.N, Irfa, A.M. 2016. Pengembangan Modul Teknologi Mekanik Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pengembangan Modul
Pembelajaran Teknologi Mekanik. 5 (2) (Online) diakses Pada Tanggal 25
Juni 2021
Anufia, B., & Alhamid, T. 2019. Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN). Sorong
Asiah, N. 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Strategi
Skimming Vs Scanning Pada Siswa Kelas V Mis AT-THAWAF Medan
Marelan. (Online) diakses Pada Tanggal 20 Juni 2020
Bua, M. T., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan
dengan Cerita Bergambar di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:
Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1749-1752.
Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ditinjau dari
Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria. 6 (2) (Online) diakses
Pada Tanggal 12 Mei 2021
Kurniawan, S. 2020. Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata
Pembelajaran PAI di Masa Pandemic Covid-19. Skripsi. Universitas
Islam Negeri Raden Intan Lampung. Lampung. Dipublikasikan
Martono, N. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data
Sekunder). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nasution, S. 2017. Variabel Penelitian. Raudhah. 05 (02). 1-9
Nurhasanah, S & Sowandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(129) (Online) diakses Pada
Tanggal 15 Januari 2021
Rhamdan, D., Rindi, A. S. H., & Iting, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran
Interaktif Power Point Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di SDN 016 Tarakan.
Jurnal Borneo Humaniora, 3(1), 35-42.
Rismawati, R., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Perbandingan Kemampuan
Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja
Berbantuan Media Kartu Kata. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan
Dasar, 5(1), 41-46.
Siregar, F, H, Siregar, Handika, Y, dkk. Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis
Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi. 2 (113) (Online) diakses Pada
Tanggal 15 Januari 2021
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&B.
Bandung: Alfabeta
Sujana, Cong, W.I. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan
Dasar. 4 (1) (Online) diakses pada tanggal 2 Juli 2021
Sunanih, 2017. Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari
Pengembangan Bahasa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan
Pembelajaran. 2 (1) (Online), diakses pada tanggal 29 Mei 2021
Sunanih, 2017. Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari
Pengembangan Bahasa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan
Pembelajaran. 2 (1) (Online), diakses pada tanggal 29 Mei 2021
Warti, E. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal
Pendidikan Matematika. 5 (179) (Online) diakses Pada Tanggal 15 Januari 2021.
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1127-1142.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id