Pembelajaran Instrumen Biola Di Yamaha Music School Pontianak

Lania Fitriani Banowati, Nurmila Sari Djau, Asfar Muniir

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran di Yamaha Music School (YMS) memiliki Kualitas yang baik dan berstandar internasional, tidak terkecuali biola.
Hal ini kemudian berpengaruh pada kualitas para siswa, dimana kulitas dari siswa YMS memiliki keterampilan yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti terkait pembelajaran Biola di YMS Pontianak. Bentuk penelitian ini, yaitu kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan sumber data adalah informan berupa guru, siswa dan pengelola YMS. Pengujian keabsahan menggunakan triangulasi teknik, sumber dan perpanjangan pengamatan, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran biola dilaksanakan oleh YMS dengan waktu 30 menit, dan fasilitas yang sangat menunjang untuk pelaksanaan pembelajaran. Materi pembelajaran mengacu pada kurikulum internasional dari Yamaha Music Foundation Jepang, yang diajarkan dengan menggunakan metode demontrasi, instruksi, dan Latihan bersama di mana guru dan siswa berlatih bersama. Kemudian evaluasi pembelajaranya terdapat 2 jenis evaluasi yaitu evaluasi mikro dan makro. Evluasi mikro adalah dalam proses pembelajaran dikelas, dilakukan pada akhir pertemuan sedangkan evaluasi makro yaitu ujian kenaikan tingkat yang diadakan 6 bulan sekali, untuk menguji siswa yang mampu memainkan materi ujian yang telah dipelajari selama 6 bulan.


Keywords


Pembelajaran, Biola, Yamaha Music School

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan, 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Amiruddin, 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Aunurrahman, 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:

Rienka Ilmu.

Galamain, Ivan, 2013. Principles of Violin Playing and Teaching. New York: Dover

Publications, INC.

Huda, Miftahul, 2014.Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka

Belajar.

Kolneder, Walter, 2003. The Amadeus Book of The Violin Construction, History, and

Music. Portlan, Oregon: Amadeus Press.

Kyriacou, C. (2009 Effective Teaching in Schools: Theory and Practice. Third Edition.

Delta Place, Chetenham, UK: Nelson Thomes Ltd

Nugroho, Muh Yudi Eko, 2014. Skripsi Czardas Karya Vittorio Monti Sebuah Teknik

Analisis Teknik Permainan Biola. Yogyakarta.

Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Soelaiman, Joesef, 1992. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1117-1126.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id