Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Beserta Konten Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Audio Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Daring

Asril Adi Sunarto, Elnawati Elnawati

Abstract


Pentingnya pendidikan yang didapatkan untuk anak-anak Indonesia agar dapat terampil,
kreatif, dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sayangnya para pendidik selama dua tahun ini
terkendala karena pandemic Covid19 yang melanda dunia mengakibatkan proses belajar
mengajar menjadi terganggu. Oleh karena itu salah satu solusi keadaan tersebut
memanfaatkan teknologi informasi seperti aplikasi belajar daring (elearning) dalam
proses belajar mengajar. Sayangnya aplikasi belajar daring tersebut mengandalkan akses
internet dalam interaksi pembelajarannya. Hal ini menjadi masalah besar terutama bagi
para siswa, dan guru sekolah dasar yang terkedala pada jaringan internet dan kuota
internet. Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa perangkat lunak berbasis Android dan
web agar aplikasi pembelajaran terutama video pembelajaran dapat diakses meski tidak
memiliki akses internet. Hasilnya, aplikasi pembelajaran yang berbasis Android bernama
CerdasBelajar berhasil dibuat yang dapat berjalan dalam keadaan daring maupun luring
dan juga dapat menggunakan website cerdasbelajar.id untuk mendapatkan kualitas video
yang lebih tinggi. Sebanyak 34 video pembelajaran dapat digunakan dalam mode luring,
dan 96 video pembelajaran dalam mode daring, selain itu juga terdapat pembahasan
materi, latihan soal, dan game aritmatika.


Keywords


Rekayasa Perangkat Lunak, Android, Elearning, CerdasBelajar, Pembelajaran, Daring

Full Text:

PDF

References


Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat

Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 . Lampuhyang, 13-25.

Damarullah , W., Hamzah , A., & Lestari , U. (2014). APLIKASI PENGENALAN DAN

PEMBELAJARAN BAHASA KOREA (HANGEUL) BERBASIS ANDROID.

Jurnal Script, 49-59.

Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI

PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. EDUKATIF: JURNAL

ILMU PENDIDIKAN, 55-61.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas

Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 153-164.

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android.

Indonesian Journal on Software Engineering, 36-43.

Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina. (2021). PENGARUH MEDIA

PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN. ECOBISMA, 67-75.

Rahmadani, N. S., & Setiawati, M. (2019). APLIKASI PENDIDIKAN ONLINE

“RUANG GURU” SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELAJAR

GENERASI MILENIAL DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN

REVOLUSI INDUSTRI 4.0. BAHASTRA, 241-246.

Warsihna, J. (2012). E-LEARNING MELALUI PORTAL“RUMAH BELAJAR”. Jurnal Teknodik, 73 – 84.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN

DARING DI SEKOLAH DASAR. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 61-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1075-1084.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id