Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Beserta Konten Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Audio Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Daring
Abstract
Pentingnya pendidikan yang didapatkan untuk anak-anak Indonesia agar dapat terampil,
kreatif, dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sayangnya para pendidik selama dua tahun ini
terkendala karena pandemic Covid19 yang melanda dunia mengakibatkan proses belajar
mengajar menjadi terganggu. Oleh karena itu salah satu solusi keadaan tersebut
memanfaatkan teknologi informasi seperti aplikasi belajar daring (elearning) dalam
proses belajar mengajar. Sayangnya aplikasi belajar daring tersebut mengandalkan akses
internet dalam interaksi pembelajarannya. Hal ini menjadi masalah besar terutama bagi
para siswa, dan guru sekolah dasar yang terkedala pada jaringan internet dan kuota
internet. Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa perangkat lunak berbasis Android dan
web agar aplikasi pembelajaran terutama video pembelajaran dapat diakses meski tidak
memiliki akses internet. Hasilnya, aplikasi pembelajaran yang berbasis Android bernama
CerdasBelajar berhasil dibuat yang dapat berjalan dalam keadaan daring maupun luring
dan juga dapat menggunakan website cerdasbelajar.id untuk mendapatkan kualitas video
yang lebih tinggi. Sebanyak 34 video pembelajaran dapat digunakan dalam mode luring,
dan 96 video pembelajaran dalam mode daring, selain itu juga terdapat pembahasan
materi, latihan soal, dan game aritmatika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat
Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 . Lampuhyang, 13-25.
Damarullah , W., Hamzah , A., & Lestari , U. (2014). APLIKASI PENGENALAN DAN
PEMBELAJARAN BAHASA KOREA (HANGEUL) BERBASIS ANDROID.
Jurnal Script, 49-59.
Dewi, W. A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. EDUKATIF: JURNAL
ILMU PENDIDIKAN, 55-61.
Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas
Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 153-164.
Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android.
Indonesian Journal on Software Engineering, 36-43.
Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina. (2021). PENGARUH MEDIA
PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN. ECOBISMA, 67-75.
Rahmadani, N. S., & Setiawati, M. (2019). APLIKASI PENDIDIKAN ONLINE
“RUANG GURU” SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELAJAR
GENERASI MILENIAL DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN
REVOLUSI INDUSTRI 4.0. BAHASTRA, 241-246.
Warsihna, J. (2012). E-LEARNING MELALUI PORTAL“RUMAH BELAJAR”. Jurnal Teknodik, 73 – 84.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN
DARING DI SEKOLAH DASAR. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 61-68.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1075-1084.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id