Wastra Kreatif: Sosialisasi Dan Pelatihan Teknik Cabut Warna
Abstract
Teknik cabut warna dalam karya-karya seni banyak dipergunakan oleh masyarakat yang mencintai dunia kreatif. Istilah cabut warna ini awal mulanya dikenal dalam teknik sablon yaitu sebuah istilah yang sama dengan angkat warna. Wastra yang dibutuhkan adalah jenis katun berwarna gelap, apabila di sablon maka tintanya akan berubah sama dengan warna tinta yang disablonkan. Berbagai eksperimen diatas kain terus dikembangkan termasuk dalam pengembangan wastra kreatif, yang membedakan adalah jenis tinta yang dipakainya. Dalam wastra kreatif jenis cairan untuk menghilangkan warna memanfaatkan pemutih yang beredar di pasaran. Pemakaiannya dengan menggunakan benda tumpul yang aman dan dicelupkan ke dalam pemutih, dan torehkan di atas kain. Tapak jejak torehan tersebut akan berganti warna menjadi putih, warna dasar kain tersebut tercabut warnanya. Metode pengabdian yang dipergunakan adalah metode partisipan yang akan dilakukan empat tahapan yaitu persiapan alat dan bahan, kedua untuk pelaksanaan dilakukan sosialisasi, demo dan pelatihan, ketiga tahapan evaluasi peserta melalui diskusi dan tanya jawab. Peserta pengabdian ini adalah Guru Dasyat Nusantara (GDN) dengan
target peserta adalah 40 orang. Pelaksanaannya setiap peserta memperhatikan apa yang diuraikan oleh trainer. Hasil pengabdian dari wastra kreatif cabut warna ini peserta dapat meningkatkan kompetensinya dalam membuat karya wastra kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. Z., Masitoh, S., & Bachri, B. S. (2019). Cooperative Learning Method For
Improving Students Motivation. International Journal of Education and Research,
(8), 41–48. https://www.ijern.com/journal/2019/August-2019/04.pdf
Apin, A. M., Dewi, B. S., Pandanwangi, A., Damayanti, N., Institut, D. K. V, Harapan,
T., Universitas, F., & Maranatha, K. (2021). Batik Tamarin Empowering Woman in
Patimban Subang Indonesia. 07(02), 757–762.
http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara%0ABatik
Aryani, D. I., Pandanwangi, A., & Effendi, I. Z. (2021). Multiculturalism of Mythological
Images in Batik Motifs. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended
Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 560(Acbleti
, 514–519. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.096
Atmadi, T., & Buana, U. M. (2017). Kajian Aplikasi Batik Pada Desain Interior Kantor
Google di Jakarta. Narada, 2(1), 15–20.
https://www.researchgate.net/publication/316643481
Azka, A. S., & Adisurya, S. I. (2019). Penerapan Motif Batik Yogyakarta Pada Desain
Interior Hotel Innside By Melia Di Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Nasional
Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5850
Baloche, L., & Brody, C. M. (2017). Cooperative learning: exploring challenges, crafting
innovations. Journal of Education for Teaching, 43(3), 274–283.
https://doi.org/10.1080/02607476.2017.1319513
Calloway, S., & Cromley, E. (n.d.). The Elements of Style, A practical encyclopediaof
interior architectural details.
Darmayanti, T. E., & Bahauddin, A. (2020). Narasi Gerbang Rumah Peranakan Di
Pecinan, Lasem, Jawa Tengah: Pendekatan Fenomenologi. Modul, 20(2), 126–133.
https://doi.org/10.14710/mdl.20.2.2020.126-133
Hendrawati, H., Syamsumarsih, D., & Nurhasni, N. (2013). Penggunaan Biji Asam Jawa
(Tamarindus indica L.) dan Biji Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus L.) Sebagai
Koagulan Alami Dalam Perbaikan Kualitas Air Tanah. Jurnal Kimia VALENSI,
(1), 22–33. https://doi.org/10.15408/jkv.v3i1.326
Kleiner, F. S. (2014). Gardner’s Art Through The Ages: A Concisw Western History. In
S. A. Poore (Ed.), Wadsworth, Cengage Learning, USA (Third Edit). Wadsworth,
Cengage Learning.
Maesaroh, Kartikawati, E., & Elvianasti, M. (2021). Upaya Peningkatan Sikap Peduli
Lingkungan Melalui Pelatihan Bioplastik. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 5(3), 360–366.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i3.3730
Mahardika, R., Fitra A, Y., & Dewi K, E. (2020). Pelatihan Lukis Batik dengan Bubur
Biji Asam Untuk Guru PAUD. IKRAITH-ABDIMAS Vol, 3(1), 1–7.
https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/492/360
Pandanwangi, A., Catherina, O., & Merry, E. (2019). Pendampingan Komunitas
Pembatik Melalui Pelatihan Alih Pengetahuan Membatik dengan Material Berbasis
Kearifan Lokal. ENGAGEMENT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1),
–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29138/engagement.v3i1.89
Pandanwangi, A., Dewi, B. S., Ida, I., Edi, D., & Pattipawaej, O. (2021). Peningkatan
Daya Saing Masyarakat: Pelatihan Membatik Kreatif Ramah Lingkungan di Masa
Pandemi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 439.
https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.439-448.2021
Pandanwangi, A., Rianingrum, C. J., Damayanti, N., & Rahmat, A. (2021). The Icon of
Local Culture : Downstream of Tamarind Waste as a Superior Motif Barrier in
Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(13), 1524–
https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/8781
Rahmadani, F. A. (2020). Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga
Kebersihan Lingkungan Melalui Pengelolaan Bank Sampah. Comm-Edu
(Community Education Journal), 3(3), 261. https://doi.org/10.22460/commedu.
v3i3.3482
Rianingrum, C. J., & Pandanwangi, A. (2021). Escalation of Society’s competitiveness:
Escalation of Young Entrepreneurship Competence through Workshop of Processed
Tamarind on top of Wastra. In A. Rahmat & R. Tiurma (Eds.), Community Service
in the Midst of the Covid-19 (1st ed., pp. 35–42). Novateur Publication, India.
https://novateurpublication.com/index.php/np/catalog/book/41
Silalahi, T. F., & Hutauruk, A. F. (2020). The Application of Cooperative Learning Model
during Online Learning in the Pandemic Period. Budapest International Research
and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3), 1683–
https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1100
Widiyanti, C. T. (2018). Spatial Design Analysis Dalam Proses Perencanaan Dan
Perancangan Interior. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 3(2), 62.
https://doi.org/10.25124/idealog.v3i2.1559
Wijaya, I. B. A. (2019). Reaktualisasi Motif Batik Pada Elemen Desain Interior Berbasis
Teknologi. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain
Interior, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.24821/lintas.v7i1.3068
Yupardhi, T. H., & Noorwatha, I. K. D. (2019). Instagrammable Interior : Studi Preferensi
Tampilan Estetik dan Kreatif Interior Tempat Kuliner untuk Generasi Milenial.
Seminar Nasional Sandyakala, 46–55. http://eproceeding.isidps.
ac.id/index.php/sandyakala/article/view/38
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1011-1022.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id