Tinjauan Kualitas Karya Visual, Tema dan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Fotografi di Masa Pandemi
Abstract
Pada kondisi pandemic, banyak situasi dan perencanaan yang harus diadaptasi dengan beragam ketentuan dan regulasi, begitu pula dalam bidang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, dikeluarkan yang berupaya untuk meminimalisir pergerakan masif virus untuk menular kepada manusia dan membawa dampak kematian. Akibat pembatasan pergerakan aktivitas manusia/mobilisasi tersebut maka dampak yang terjadi pada aspek dunia pendidikan adalah tidak adanya rekomendasi
untuk melakukan pembelajaran dengan metode tatap muka yang bersifat berinteraksi secara langsung antara guru, dosen atau disebut fasilitator dengan murid atau siswanya. Hasil kuisioner dari aspek visual yang ditemukan pada karya mahasiwa, dimana mayoritas merasakan adanya penurunan kualitas pada perkuliahan online. Hal ini dirasakan akibat dari peserta yang tidak leluasa melakukan eksplorasi di luar ruangan karena kondisi pandemic. Begitupula terkait dengan keterbatasan eksplorasi objek apakah ada penurunan secara kualitas foto. Hasil karya foto yang dibuat kebanyakan tidak menggunakan teknik fotografi yang benar, komposisi yang tepat dan masih kurangnya pemahaman dalam mengatur pencahayaan (exposure), sehingga foto terlalu terang (over exposure) atau sebaliknya terlalu gelap (under exposure). Hal ini menjadi koreksi dan merupakan bagian dari evaluasi kedepannya untuk dapat diberikan pemahaman yang lebih mendalam hingga dapat dipahami oleh semua mahasiswa juga pihak penyelenggara pendidikan, khususnya Universitas Paramadina dalam situasi pandemic dan pembelajaran online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, B. I. W. (2018, July). Peningkatan Kemampuan Mahasiswi Dkv Angk. 2015
Menggunakan Kamera Digital Secara Manual. In Prosiding Seminar Nasional Dies
Natalis Unm Ke 57, (Pp. 87-93). Badan Penerbit Unm.
Dharsito, W. (2013). 50+ Trik dan IDE Foto. Elex Media Komputindo.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Karyadi, Bambang. (2017). Belajar Fotografi. Bogor: Nahlmedia.
Marcus, Sudjojo. (2010). Tak-Tik Fotografi. Jakarta: Bukune
Pramudita, R. R. (2015). Pengembangan Modul Tentang Analisis Jenis-Jenis Kamera
Dan Alat Bantu Fotografi Pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas Xi
Multimedia Di Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan,
(2).
Putrianda, R., & Wiana, W. (2014). Analisis Kualitas Tugas Fashion Photography Pada
Mata Kuliah Publikasi Mode. Fesyen Perspektif, 6(1).
R. Amien Nugroho. (2006). Kamus Fotografi. Yogyakarta: ANDI .
Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan
Sudarma, I Komang. (2014). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Souders, Rick. (2002). The Art and Attitudeof Commercial Photography. New York: Watson- Guptill Publications.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.953-962.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id