Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid 19 Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP)

Ismi Kaniawulan, Syamsu Yusuf

Abstract


Pandemi Covid 19 telah memaksa proses pembelajaran dilakukan secara daring, proses adaptasi pengunaan teknologi informasi untuk pembelajaran daring tentunya tidak mudah sekalipun pembelajaran sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Kesiapan elemen pendukung sistem pembelajaran mulai dari konsep, input, proses dan produk harus dievaluasi secara berkala. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pembelajaran daring selama covid-19 dengan model CIPP studi kasus mahasiswa program studi teknik informatika. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pembelajaran daring selama covid-19 dengan model CIPP pada mahasiswa program studi teknik Informatika. Hasil penelitian adalah kategori penilaian evaluasi pembelajaran dengan model CIPP.

Keywords


Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19, Model CIPP, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Angelica Herna, & Tambunan Evelyn Hemme. (2021). Stres Dan Koping Mahasiswa

Keperawatan Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal

Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 28–34.

https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/50

/498

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa

Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal

Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Syahrir, Supriyati, Y., & Fauzi, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak

Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen aspek Pembelajaran pada Masa

Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 144–150.

Vera Mandailina, Syaharuddin, Dewi Pramita, Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021).

Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta

Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of

Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.921-932.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id