Nilai-Nilai Karakter Dalam Lirik Lagu Karya A.T. Mahmud Pada Buku Siswa Sekolah Dasar

Nita Rohmah Febriani, Alfi Laila, Rian Damariswara

Abstract


Penanaman nili-nilai karakter pada generasi anak Indonesia harus dilakukan sedini mungkin karena pendidikan karakter dapat membangun kepribadian anak di masa depan. Salah satu upaya penanaman nilai-nilai karakter pada anak sekolah dasar dapat dilakukan melalui internalisasi lagu-lagu anak. Lagu yang diteliti adalah lagu anak karya A.T Mahmud. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui lagu karya A.T Mahmud yang ada dalam buku siswa SD, (2) mengetahui kandungan nilai-nilai lagu karya A.T Mahmud. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan empat tahapan yaitu reduction (reduksi data), data display (penyajian data), pendeskripsian dan data conclusion drawing and verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga puluh lagu anak karya A.T Mahmud yang terdapat pada buku siswa Sekolah Dasar dan tujuh belas nilai-nilai karakter berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter menurut Kementerian Pendidikan Nasional pada UU N0.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Keywords


nilai karakter, lagu karya A.T Mahmud

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dan Priyono. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagind, Mardiah. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar

Dan Menengah.

Dwi, K. 2007.Pentingnya Pendidikan Moral bagi anak Sekolah Dasar. Dinamika

Pendidikan

Fitri, Agus Zaenal. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Heni, Kusumawati. 2013. Pendidikan Karakter melalui Lagu Anak. Imaji: Jurnal Seni

dan Pendidikan Seni. 11 (2): 163-173.

Karsono. 2011. Proses Kreatif A.T. Mahmud dalam Penciptaan Lagu Anak-Anak. Dewa

Ruci: Jurnal Kajian dan Penciptaan Seni. 7(1). hal: 38-61

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.

Jakarta.

Maulana, Adil dan Bianca, Ferren. 2012. Cara Instan Jago Menulis Lagu. Jakarta:

Agogos Publishing.

Musbikin, I. 2009. Kehebatan Musik Untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Yogjakarta:

Power Books

Narwanti, S. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Familia

Purnomo, Wahyu dan Subagyo, Fasih. 2010. Terampil Bermusik untuk SMP dan MTs.

Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan.

Putri, D. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal

Pendidikan Dasar. 2(1). hal: 37-50

Rasyid, Fathur. 2010. Cerdaskan Anakmu dengan Musik. Yogyakarta: Diva Press.

Saifudin, A. 2012. Metafora dalam Lirik Lagu Kokoro No Toma karya Itsuwa Mayura.

Jurnal Lite. 8(2).

Samani, M. & Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suwarti, Alfi Laila, Erwin Putera Purnama. 2020. Pengembangan Media Komik Berbasis

Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah

Dasar. Profesi Pendidikan Dasar.7(2).hal 141.

Maharani, Puri Putri, Laila, Alfi dan Santi, Novi Nitya. 2020. Pengembangan Media

Video Berbasis Kearifan Lokal Kediri untuk Mencermati Karakter Tokoh-Tokoh

yang Terdapat pada Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Plaosan 2. Skripsi.

Universitas Nusantara PGRI Kediri




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.901-908.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id