Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang
Abstract
Studi ini membahas implementasi siaran tv sekolah yang digunakan sebagai media informasi di LKP Fitri Pandeglang yang merupakan Lembaga keterampilan dan pelatihan non formal yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat luas dalam mengembangkan berbagai keterampilan life skill. Selama ini berbagai informasi disampaikan melalui media komunikasi seluler, brosur, pamplet maupun bahan ajar dengan segala keterbatasannya. Seiring dengan perkembangan jaman dimana semua telah berubah berbasis digital, maka di perlukan sarana media informasi yang mampu menjawab semua tantangan era digital. Penelitian ini berdasarkan pada pentingnya media informasi berbasis Audio-Visual yang mampu menyampaikan
informasi dalam kemasan yang jauh lebih menarik, fleksibel, efektif serta luas jangkauannya. Penelitian menggunakan metode konseptual yang merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tanya jawab, dan dokumentasi tanpa disiapkan instrumen sebagaimana layaknya penelitian dengan pendekatan kuantitatif. TV sekolah ini dikembangkan oleh ibu Sri Watini, dkk yang merupakan layanan TV streaming hasil revolusi industry 4.0 yang merupakan solusi terbaik bagi Lembaga dalam menyampaikan ragam kegiatan, Hasil dari penelitian ini yaitu LKP Fitri Pandeglang telah mengimplementasikan siaran TV sekolah sebagai media informasi yang efektif seperti informasi keilmuan pembelajaran serta sebagai hiburan yang mendidik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dr. Sri Watini, M.Pd ; https://spiritnews.co.id/2020/09/05/tv-sekolah-fordorum-sebagaimedia-
pembelajaran-efektif-di-new-normal/
Watini, S. (2019b). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains
pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta ; Rajawali Press
https://www.tvsekolah.id/tentangkami
Dr. Sri Watini, M.Pd, dkk, 2020 ; TVSEKOLAH WAHANA KREASI (tvsekolah.id)
Efendi, Agus. (2007). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung : Alfabeta
]https://www.google.com/search?q=peran+media+komunikasi+bagi+sekolah&rlz=1C1
UEAD_enID959ID959&sxsrf=APq-
]Sri_hand@mti.ugm.ac.id.
https://www.researchgate.net/publication/321221644_WEB_TV_Sebagai
_Media_Alternatif_Mengakses_Informasi
Sugiyono. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.
Sagala, Syaiful (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Prasetya, 2007. http://eprints.umm.ac.id/38237/3/bab%202.pdf
Alhaju Makhiyah, Sri Matini, Efektifitas penggunaan Aplikasi Zoom pada masa Pandemi
dalam pengembangan Aspek Kognitif, Jurnal Pendidikan Tambusai :
Vol.5 No.2 (2021) : 2021
Siti Maymunah, Sri Watini, Karya Rekaman Suara atau Bunyiemanfaatan Media Video
Dalam Pembelajaran Anak Usoa Dini Di Masa Pandemi Covid – 19, Jurnal
Pendidikan Tambusai ; Vol. 5 No. 20 (2021);2021
Dr. Sri Watini,dkk. Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usoa Dini Di
Masa Pandemi Covid – 19, Jurnal Pendidikan Tambusai ; Vol. 5 No. 20
(2021);2021
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.887-892.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id