Menulis Kalimat Sederhana Melalui Impelemntasi Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Evi Hasim, Meylan Saleh

Abstract


Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Salah satu pengetahuan Bahasa Indonesia yang perlu dipelajari oleh siswa sekolah dasar adalah pengetahuan kemampuan awal siswa dalam menulis kalimat sederhana, terutama bagi siswa kelas II. Oleh karena itu dibutuhkan guru yang sangat professional dalam mengenalkan bagaimana menulis kalimat sederhana terutama bagi siswa kelas II sekolah dasar dengan menggunakan berbagai model Pembelajaran inovatif yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa kelas II melalui implementasi model Pembelajaran Snowball Throwing di sekolah dasar. Penelitian yang akan dilakukan adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian Kurt Lewin. Kegiatan yang dilakukan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dengan observasi awal sebagai landasan untuk melakukan observasi awal dalam melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II. Pada setiap tindakan yang dilakukan selalu terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing. Dalam pelaksanaan tindakan yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, maka jelas terlihat bahwa adanya peningkatan kemampuan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing di kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.


Keywords


Kalimat Sederhana, Model Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Anam Syaiful, Stracke Elke. 2016. Language learning strategies of Indonesian primary

school students: In relation to self-efficacy beliefs.

https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S0346251X16300240?token=17071DC6

E723163A65997F2B44C73D9DC388BF794123592AC631260779AAE7D22919

AFCA4A01766062175FF1494B6BF5. Journal

homepage:www.elsevier.com/locate/systemhttp://dx.doi.org/10.1016/j.system.201

05.0010346-251X/©2016 Elsevier Ltd. All rights reserved.System 60 (2016)

e10. Diakses tanggal 21 Maret 2021 Pukul 20.50 WIB.

Adhiatmika, Agustini & Gede. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas

VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik

Informatika 6(1): 214-223.

Djamil, Maryam. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui

Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas II di SDN 4 Telaga Kabupaten

Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Gustomo, Ade. 2015. Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponenkomponen

System Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 15(2): 59-63.

Hipi, Nurivani Khairunisa. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui

Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Kelas V di SDN 11

Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Huda Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta.

Pustaka Pelajar

Kurniasih, Imas & Berlin, Sani. 2018. Guru Jago Menulis: Step By Step Menulis Buku

untuk Guru Hebat. Yogyakarta: Kata Pena

Lerum ystein, Hege Eikeland Tjomslan, Geir Kåre Resaland. 2021. The Conforming, The

Innovating and The Connecting Teacher: A qualitative study of why teachers in

lower secondary school adopt physically active learning. Teaching and Teacher

Educationjournal

homepage:www.elsevier.com/locate/tatehttps://doi.org/10.1016/j.tate.2021.10343

-051X/©2021 The Authors. Published by Elsevier Ltd. This is an open access

article under the CC BY license (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).

Teaching and Teacher Education 105 (2021) 103434. Diakses tanggal 12

desember 2021 pukul 12.45 Wita

Mahajani, Novita Putri. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dengan

Menggunakan Media Kotak Elkonin di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten

Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru

Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang:

Tunggal Mandiri Publishing.

Sidiki, Agnes Alvionita. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana

Melalui Kartu Kata Pada Siswa Kelas II di SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo.

Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Sudaryono, Margono, G & Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian

Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar .

Sukabumi: Haura Publishing.

TSARKOV VLADIMIR S, VLADISLAV A.ENIKEEVALEXEI, V.SAMSONOVICH. 2021.

TOWARD

a socially acceptable model of emotional artificial intelligence. Procedia Computer Science.

Volume 190, 2021, Pages 771-788. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.06.090.

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050921013454. Diakses tanggal 12

Desember 2021 pukul 11.55 Wita




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.785-794.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id