Menulis Kalimat Sederhana Melalui Impelemntasi Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo
Abstract
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Salah satu pengetahuan Bahasa Indonesia yang perlu dipelajari oleh siswa sekolah dasar adalah pengetahuan kemampuan awal siswa dalam menulis kalimat sederhana, terutama bagi siswa kelas II. Oleh karena itu dibutuhkan guru yang sangat professional dalam mengenalkan bagaimana menulis kalimat sederhana terutama bagi siswa kelas II sekolah dasar dengan menggunakan berbagai model Pembelajaran inovatif yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa kelas II melalui implementasi model Pembelajaran Snowball Throwing di sekolah dasar. Penelitian yang akan dilakukan adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian Kurt Lewin. Kegiatan yang dilakukan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dengan observasi awal sebagai landasan untuk melakukan observasi awal dalam melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II. Pada setiap tindakan yang dilakukan selalu terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing. Dalam pelaksanaan tindakan yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, maka jelas terlihat bahwa adanya peningkatan kemampuan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing di kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam Syaiful, Stracke Elke. 2016. Language learning strategies of Indonesian primary
school students: In relation to self-efficacy beliefs.
https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S0346251X16300240?token=17071DC6
E723163A65997F2B44C73D9DC388BF794123592AC631260779AAE7D22919
AFCA4A01766062175FF1494B6BF5. Journal
homepage:www.elsevier.com/locate/systemhttp://dx.doi.org/10.1016/j.system.201
05.0010346-251X/©2016 Elsevier Ltd. All rights reserved.System 60 (2016)
e10. Diakses tanggal 21 Maret 2021 Pukul 20.50 WIB.
Adhiatmika, Agustini & Gede. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas
VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik
Informatika 6(1): 214-223.
Djamil, Maryam. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui
Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas II di SDN 4 Telaga Kabupaten
Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Gustomo, Ade. 2015. Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Kompetensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponenkomponen
System Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 15(2): 59-63.
Hipi, Nurivani Khairunisa. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui
Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Kelas V di SDN 11
Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Huda Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta.
Pustaka Pelajar
Kurniasih, Imas & Berlin, Sani. 2018. Guru Jago Menulis: Step By Step Menulis Buku
untuk Guru Hebat. Yogyakarta: Kata Pena
Lerum ystein, Hege Eikeland Tjomslan, Geir Kåre Resaland. 2021. The Conforming, The
Innovating and The Connecting Teacher: A qualitative study of why teachers in
lower secondary school adopt physically active learning. Teaching and Teacher
Educationjournal
homepage:www.elsevier.com/locate/tatehttps://doi.org/10.1016/j.tate.2021.10343
-051X/©2021 The Authors. Published by Elsevier Ltd. This is an open access
article under the CC BY license (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Teaching and Teacher Education 105 (2021) 103434. Diakses tanggal 12
desember 2021 pukul 12.45 Wita
Mahajani, Novita Putri. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dengan
Menggunakan Media Kotak Elkonin di Kelas II SDN 1 Tilango Kabupaten
Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang:
Tunggal Mandiri Publishing.
Sidiki, Agnes Alvionita. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana
Melalui Kartu Kata Pada Siswa Kelas II di SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Sudaryono, Margono, G & Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian
Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar .
Sukabumi: Haura Publishing.
TSARKOV VLADIMIR S, VLADISLAV A.ENIKEEVALEXEI, V.SAMSONOVICH. 2021.
TOWARD
a socially acceptable model of emotional artificial intelligence. Procedia Computer Science.
Volume 190, 2021, Pages 771-788. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.06.090.
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050921013454. Diakses tanggal 12
Desember 2021 pukul 11.55 Wita
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.785-794.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id