Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Gorontalo

Haris Mahmud, Isnanto Isnanto, Jumriati Sugeha

Abstract


Kreativitas guru yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuanya yaitu untuk mengukur pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis menggunakan korelasi Person Product Moment tentang kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya pengaruh dimana korelasi diperoleh nilai rxy 0.363 lebih besar dari rtab 0,306 yakni 0,363 > 0,306. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo

Keywords


Hasil Belajar, Kreativitas Guru

Full Text:

PDF

References


Adirestuty, Fittrany. 2017. Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Terhadap

Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata

Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan

Aini, Nurul. 2018. Motase dalam Pembelajaran. Jawa Timur: Luwais Inspirasi Aldizar,

Addys. 2016. Membangun Guru Kreatif. Jakarta: Sinegri Prima.

Alfianika, Ninit. 2018. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.

Yogyakarta: Deepublish

Amik, Fajjin. 2016. Menuju Guru dan Siswa Cerdas. Yogyakarta. LautikaPrio. Andika,

Kenny. 2016. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dan Kecerdasan

Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMAN

Jakarta. Jurnal Ilmiah Econusains

Antosi, Muslich. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga

University Press.

Arikunto, 2010. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan. Terbit. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrofi, Muhammad. 2014.Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan.

Atiko. 2019. Booklet, Brosur, dan Poster Sebagai Karya Inovatif Di Kelas. Gresik.

Caremedia Communication.

Caesar, Trinindia Farah. 2014. Kreativitas Guru SD dan Kurikulum Dalam Penerapan

Kurikulum 2013.

Chen, Febe. 2010. Be Creative, Menjadi Pribadi Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Building.

Darmadi. 2012. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika

Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fauzi, Monawati. 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar

Siswa. Jurnal Pesona Dasar

Firmansyah, Anang. 2020. Kewirausahaan, Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap

Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika.

Gunawan. 2018. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan

Pendidikan IPS.

Hadis, Abdul. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Hasanuddin. 2017. Biopsikologi Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University

Press.

Hastuti, Ari. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantar Gebang II Kota Bekasi.

Jurnal Pendidikan.

Hasyim. 2014. Penerapan Fungsi Guru Dalam Fungsi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan

Dasar

Huda, Nizlel. 2011. Analisis Faktor-faktor Dominan Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Matematika Siswa SMP 1 Muaro Jambi. Jurnal Sains dan Matematika Universitas

Gunadarma.

Ismail. 2019. Guru Kreatif;Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan

Mas, Roskina Sitti. 2008. Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas

Pembelajaran. Jurnal Inovasi

Mirdanda, Arsyi. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik, Pontianak: Yudha

English Galerry.

Muchson. 2020. Statistik Deskriptif. Depok: Spasi Media

Mutiah. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SmkN

di Kota Bandung.

Nasution, Kalsum Mardiah. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam

Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan.

Nurdin, Ismail. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Nurdyansyah. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada

Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Umsida.

Nurhaidah. 2017. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar

Nursalam. 2008. Konsep dan Metode Keperawatan (ed 2). Surabaya: Salemba Medika

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rifma. 2016. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jawa Barat. Kencana

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yohyakarta: Deepublish Samidi.

Framewaork Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Abad 21.

Yogyakarta. Uny Press

Sari, Maya Septi. 2018. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil

Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Batanghar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.779-784.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id