Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19

Moh. Rudini, Ady Saputra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi pedagogik guru yang masih kurang diaplikasikan dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dimasa pandemi COVID-19 di SDN 2 Malala. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dipilih untuk melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Teknik analisis data yakni mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sudah berkompeten (Sangat Baik) pada indikator sebagai berikut: (1)Memahami karakteristik peserta didik, (2)Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, (3)Mengembangkan kurikulum, (4)Kegiatan pembelajaran yang mendidik, (5)Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, (6)Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik serta (7)Penilaian serta evaluasi.

Keywords


Pedagogik, Teknologi, Guru

Full Text:

PDF

References


Arsyad,Azhar (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Jurnal

Ilmia Dadaktika Vol,16 No 1 Agustus 2015.

Ena (Nurchaili,2010),learning media, information technology, Madrasah Aliyah Negeri

Darussalam Kabupaten Aceh Besar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16,

Nomor 6, Nopember 2010.

Hujair AH. Sanaky.(Ardiansah,2009), Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Powerpoint. STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.

Larasati, dkk (Raharti 2019) “whatsapp” media komunikasi efektif masa kini. VISI

PUSTAKA Vol. 21, No. 2, Agustus 2019.

Mahnun (Tafonao,T 2018), media pembelajaran. Program Studi Pendidikan Agama

Kristen, STT KADESI yogyakarta. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Mahnun (Tafonao,T 2018), media pembelajaran. Program Studi Pendidikan Agama

Kristen, STT KADESI yogyakarta. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.

Moleong,(Kartini,2016).pola asuh orang tua terhadap perkembangan komunikasi.

Tunanetra di slb-c karya bhakti kota bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang standar Kualifikasi

Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru.

Sagala (Novauli.M,F.2015), Kompetensimerupakanpeleburan dari pengetahuan.

Universitas Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdul Rauf No. 7, Darussalam Banda Aceh

, Volume 3, No. 1, Februari 2015.

Sanjaya,(Ramaliya 2018), Pengembangan Kompetensi Guru .Pascasarjana Universitas

Sultan Zainal Abidin, Malaysia Volume 9, No. 1, Juni 2018

Sugiyono, (2015). mengatasi perilaku menyimpang dikalangan remaja. Sekolah

Menengah Kejuruan 3 Pasundan Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia,Nomor 14 Tahun 2005,Tentang Guru dan Dosen, Bab I Pasal 1 Ayat 1,peraturan pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008, Bab I Pasal I Ayat I,CV. Nuansa Aulia,Bandung,2009,hlm. 52.

Undang-Undang Republik Indonesiai,Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sisdiknas, UU Nomor 14/2005. Tantangan guru. JPIFIAI Junisan Tarbiyah Volume XIII Tahuh Vlll Desember 2005.

Wibowo,Normelani, dkk (2017), Pendidikan Geografi FKIP ULM. Volume 4 No 5 September 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id