Pengaruh Psikoedukasi Self Efficacy Terhadap Perencanaan Karir Pada Mahasiswa Di Universitas Negeri Makassar

Novita Maulidya Jalal, Muhrajan Piara, Izazi Husna Jufri, Rini Budi Astuti, Rizka Ayu Ananda, Rita Patiung, Silviani Rindi Bunga

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi self efficacy terhadap peningkatan pengetahun dan pemahaman peserta mengenai self efficacy dalam perencanaan karir. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 47 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi yang berupa One Group Pre test-Post test Design. Instrumen pengukuran berupa kuisioner yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pemberian intervensi psikoedukasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif dekngan Teknik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang didapatkan pada subjek setelah mengikuti psikoedukasi. Berdasarkan penelitian diketahui 83% subjek menilai psikoedukasi memberikan manfaat bagi pengembangan karir subjek. Berdasarkan kategori maka subjek berada dikategosi sangat puas untuk manfaat yang diperoleh dari materi psikoedukasi, serta 87,3% subjek yang memiliki nilai pretest dan posttest yang meningkat yang berarti pengetahuan dan pemahaman subjek terkait perencaan karir meningkat.

Keywords


Psikoedukasi, Self Efficacy, Perencanaan Karir

Full Text:

PDF

References


Antari,Isti.(2019).Penggunaan Psikoedukasi dalam Meningkatkan Efikasi Diri Berhenti Merokok pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Madani Medika, Vol 10, No 2, Desember 2019 (hal:132-136 )

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Macmillan.

G.Sevilla, Consuelo dkk.(1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hurlock, E.B (2002). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Erlanga: Jakarta

Nengsih. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9(1): 55-68.

Noer, S.H. (2012). Self efficacy mahasiswa terhadap matematika. Seminar nasional matematika dan Pendidikan matematika FMIPA UNY, 1-8.

Ozora, D., Suharti, L., & Sirine, H. (2016). Potret perencanaan karir pada Mahasiswa. Jurnal Unisbank Semarang, 623-632.

Papalia, D.E & Martorell, G. (2015). Experience human development.McGraw-Hill

Putro, K.Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32

Rachmawati, Y.E. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan kematangan karir pada Mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1), 1-25.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta: Bandung

Sagone, E., & Caroli, M. E. D. (2013). Relationships between resilience, self-efficacy, and thinking styles in italian middle adolescents. Procedia Social and Behavioral Sciences, 838-845

Santrock, John. W. (2018). Educational psychology (6th edition).McGraw-Hill

Sugiyono.(2001). Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Utomo, Tegar Cahyo. (2016). Hungungan Antara Self Eficacy dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMAN 1 Tuntang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Wibowo, E. (2011). Panduan pelayanan bimbingan karir. Jakarta: ILO




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.769-778.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id