Model Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Berbasis Andragogi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Zulkarnain Anu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis andragogi. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Patriotik. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE, yang meliputi langkah-langkah pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis andragogi terbukti secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar warga keaksaraan fungsional di PKBM Patriotik. Hal tersebut dibuktikan oleh adanya perbedaan peningkatan motivasi yang dicapai peserta didik baik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran keaksaraan fungsional berbasis andragogi ini memiliki bagian-bagian lain yang sifatnya membedakan dari beberapa model lain sehungga warga belajar merasa tidak terbebani dengan keadaan dan rutinitas belajar yang ada, karena segala bentuk dan ruang lingkup belajarnya bersumber dari pengalaman yang diarahkan oleh tutor secara terstruktur berdasarkan pada asumsi dasar dalam memahami orang dewasa dalam belajar seperti memahami tentang konsep diri individu, pengalaman, kasiapan belajar, dan orientasi belajarnya.


Keywords


Model pembelajaran, keaksaraan fungsional, andragogi

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. 2010. Pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) dan Kecakapan Hidup

Warga Belajar di Desa Kedungjati Kecamatan Kedungjati Kabupaten Groban.

Semarang: UNNES

Borg, W. R. and Gall, M. D. 1989. Educational Research and Introduction. New York:

Longman.

Kuncoro, Mudrajat. 2012. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta:

Erlangga.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta:

UNY Press.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. PT. Raja




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.187-194.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id