Budaya Lokal Pada Kampung Budaya Sindangbarang Bogor Dalam Ragam Teks Tulisan Mahasiswa Sebagai Bentuk Industri Kreatif Pembelajaran

Rina Rosdiana, Siti Gomo Attas

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengertian, pemahaman, serta eksplorasi bentuk kelokalan budaya yang dipaparkan dalam beragam teks. Budaya dapat terlihat dalam sejumlah konsep, refresentasi prilaku manusia, dan dalam berbagai bentuk produk budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka. Jenisjenis teks terdiri atas deskripsi, eksplanasi, eksposisi, dan prosedural. Keempat jenis tulisan tersebut merupakan objek kajian yang dilakukan secara acak. Hasil penelitian berupa ragam teks dengan mengacu pada data budaya di Kampung Budaya Sindangbarang kabupaten Bogor. Beragam teks dari 17 mahasiswa dibuat sebagai produk industri kreatif pembelajaran dalam perkuliahan. Pengembangan Keterampilan Menulis. Khusus analisis budaya lokal dipilih sepuluh teks, Pengembangan teks memuat budaya lokal dengan beragam genre teks. Teks deskripsi pada Kampung Budaya Sindangbarang. Permainan Egrang, Dampuh, dan Bakiak, dan permainan “Boy-boy-an” baik sebagai objek budaya atau filosofi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pada teks prosedur memuat Langkah-langkah melakukan teknik permainannya. Pada jenis teks eksposisi objek budaya itu dijabarkan sebagai sebuah konsep pemikiran yang argumentatif, seperti pelestarian Kampung Budaya. Sementara pada teks eksplanasi produk budaya tersebut lebih dilihat pada pemahaman konsep permainan

Keywords


budaya lokal, teks deskripsi, teks eksposisi, teks prosedural, industri kreatif

Full Text:

PDF

References


S. Thongchalerm and W. Jarunthawatchai, “The impact of genre based instruction

on EFL learners’ writing development,” Int. J. Instr., vol. 13, no. 1, pp. 1–16, 2020,

doi: 10.29333/iji.2020.1311a.

I. da Cunha and M. A. Montané, “Textual genres and writing difficulties in

specialized domains,” Rev. Signos, vol. 52, no. 99, pp. 4–30, 2019, doi:

4067/S0718-09342019000100004.

C. Hermansson, B. Jonsson, M. Levlin, A. Lindhé, B. Lundgren, and A. Norlund

Shaswar, “The (non)effect of Joint Construction in a genre-based approach to

teaching writing,” J. Educ. Res., vol. 112, no. 4, pp. 483–494, 2019, doi:

1080/00220671.2018.1563038.

M. N. Melissourgou and K. T. Frantzi, “Genre Identification Based on SFL

Principles: The Representation of Text Types and Genres in English Language

Teaching Material,” Corpus Pragmat., vol. 1, no. 4, pp. 373–392, 2017, doi:

1007/s41701-017-0013-z.

R. Purba, “Using Genre-based Approach to Overcome Students ’ Difficulties in

Writing,” vol. 7, no. 4, pp. 464–470, 2020, doi:

20448/journal.509.2020.74.464.470.

T. Barker and Y. B. Lee, “Published online: 25 September 2017 To cite this article:

Barker, T. and Y. B. Lee. 2017. Making creative industries policy: The Malaysian

case.,” vol. 35, no. 2, pp. 21–37, 2017.

Suhendra,dkk. (2016). Nilai-Nilai social Budaya Lokal dalam Teks Tulisan Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pakuan.

Bogor: FKIP Unpak.

Depdikbud. (1994). Nilai-nilai Budaya Susastra Jawa. 1994.

Emilia, Emi. (2012). Pendekatan Genre Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris:

Petunjuk untuk Guru. Bandung.

Kemendikbud. (2014) Bahasa Indonesia. Jakarta.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsum. (2014). Pembelajaran Berbasis Teks. Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda

Karya. 2

Resmini, Novi dan Dadan Juanda. (2008). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di

kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Suparlan, Parsudi.(1984). Manusia, Kebudayaan, dan Lingkungannya. Jakarta: CV

Rajawali

Wiratno. (2014). Jenis-Jenis Teks. Jakarta. Badan Bahasa




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.663-676.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id