Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Audio Visual Pada Siswa Tunagrahita SLB N Angkola Timur

Nuryaningsih Nuryaningsih

Abstract


Belajar adalah proses membangun pengetahuan seseorang melalui kegiatan. Salah satu proses membangun pengetahuan adalah berhitung. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kelainan mental dan memiliki tingkat kecerdasan dibawah rata-rata serta memiliki kemampuan intelektual lemah dibandingkan dengan anak lainnya. Sehingga memerlukan suatu media pembelajaran yang sesuai sebagai upaya peningkatan pengetahuan berhitungnya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media audio dan visual atau media video. Banyaknya media audio visual yang dapat diakses saat ini, sangat membantu kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 7 responden anak-anak tunagrahita di SLB N Angkola Timur dengan melibatkan guru pengajarnya. Responden diambil secara acak, dengan perbandingan responden yang digunakan adalah 57.1% responden yang sudah mengenal angka dan 42.9% responden belum mengenal angka. Hasilnya seluruh responden sangat tertarik melihat video pembelajaran mengenal angka. Serta terjadi kenaikan yang signifikan terhadap responden. Adapun indikator keberhasilan dilihat dari kecepatan menyebutkan angka, kemampuan menyebut angka dan kemampuan mengingat angka.

Keywords


Tunagrahita, Video, Kemampuan mengenal angka

Full Text:

PDF

References


Kuswandi, I., & Kuswandi, I. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa Tunagrahita Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Media Yang Ada

Pendahuluan Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia .

Melalui pendidikan , manusia dapat membina kepribadian dan menge. 1(2), 30–42.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak

Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al

Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Maulidiyah, N. K., Sudarsini, S., & ... (2020). Operasi Hitung Sederhana dengan Media

Tangga Pintar Anak Tunagrahita. Jurnal …, 5(November), 96–99.

Purnomo, D. D., Shodiq AM, M., & Samawi, A. (2019). Pengaruh Media Dot

CardsTerhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p001

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk

Anak Tuna Grahita. … : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–23. Retrieved

from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350

Wahyuni, S. N. (2021). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis

Mobile Menggunakan Construct 2. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan

Komputer), 10(2), 264–269. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1140




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.649-654.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id