Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Marisa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)

Selvi Tora

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengumpulkan dan menganalisis data tentang upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team games tournament pada kelas XII IPA SMA Negeri 1 Marisa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, yaitu pra siklus, siklus I (68,42%), siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team games tournament dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Marisa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Keywords


Hasil belajar, matematika, Team games tournament

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hidayanto. 2006. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, Uslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) No. 20 Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.375-380.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id