Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Orang Tua dan Pendidik Di PAUD Delima

Bayu Pradikto, Rendy Wikrama Wardana, Sofino Sofino

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman orang tua dan pendidik di PAUD Delima Kota Bengkulu tentang pendidikan seks anak usia dini (AUD). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif jenis survey. Informan penelitian adalah orang tua peserta didik PAUD Delima yang berjumlah 45 orang dan pendidik PAUD yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian adalah Pemahaman orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini rata-rata berada pada level cukup, yaitu pada indicator pertama, kedua dan ketiga. Namun, untuk indicator keempat berada pada level kurang baik. Hal ini disebabkan orang tua cenderung memahami pentingnya pendidikan seks bagi anak usia dini, namun masih bingung cara melaksanakan dan mengimplementasikan kepada anak sesuai dengan tumbuh kembangnya. Pemahaman pendidik di PAUD Delima tentang pendidikan seks anak usia dini rata-rata berada pada level baik. Pendidik PAUD terlihat lebih siap dalam pemahaman dan implementasi pendidikan seks bagi anak usia dini daripada orang tua peserta didik. Hal ini terjadi karena pendidik PAUD secara keilmuan memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan langsung dengan pendidikan anak usia dini dan manajemen pembelajaran yang lebih siap dengan model, metode, pendekatan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak usia dini.


Keywords


Pendidikan Seks, Anak Usia Dini, Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-16.

Aprilaz, I. (2016). Perbandingan Efektivitas Antara Metode Video dan Cerita Boneka dalam Pendidikan Seksual terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah tentang Personal Safety Skill. (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Astuti, S. W. (2017). Pendidikan Seks pada Anak Taman Kanak-kanak Melalui Metode Permainan Ular Tangga “Aku Anak Berani”(Studi Deskripsi Komunikasi Interpersonal Anak dalam Bermain Ular Tangga “Aku Anak Berani”). Promedia,(2), 236-251.

Dayu, R.T. (2016). Identifikasi, Perilaku, dan Orientasi Seksual pada Kalangan Kaum Gay di Kota Bengkulu. (Skripsi). Bengkulu: Universitas Bengkulu

Dinata, J.M. (2017). Kondisi Kehidupan Remaja Gay di Kota Bengkulu (Studi Kasus 3 Remaja Gay). (Skripsi). Bengkulu: Universitas Bengkulu

Justicia, R. (2017). Pandangan Orang Tua Terkait Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 28-37.

Nadar, W. (2018). Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 77-90.

Reseefensi. (2010). Metode Penelitian. NASPA Journal, 33, 26-36

Solihin, S. (2015). PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIADINI. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 56-73.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

USAID. (2014). Hidup sebagai LGBT di Asia: Laporan Nasional Indonesia. Tinjauan dan Analisa Partisipasif tentang Lingkungan Hukum dan Sosial bagi Orang dan Masyarakat Madani Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Bali: USAID

Yuliani, T., & Armaini, A. (2019). Media Video Animasi dalam Pendidikan Seks Anak dengan Hambatan Kecerdasan Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 41-46.

Antara News. (2020, 4 September). Kekerasan Seksual pada Anak di Bengkulu Capai 105 Kasus. (online). Diakses tanggal 20 Maret 2021 dari: https://bengkulu.antaranews.com/berita/123078/kekerasan-seksual-pada-anak-di-bengkulu-capai-105-kasus

Kemenppa. (2020, Juni 23). Angka Kekerasan terhadap Anak Tinggi di Masa Pandemi, Kemen PPPA Sosialisasi Protokol Perlindugan Anak. (online). Diakses tanggal 20 Maret 2021 dari: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2738/angka-kekerasan-terhadap-anak-tinggi-di-masa-pandemi-kemen-pppa-sosialisasikan-protokol-perlindungan-anak




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1155-1162.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id