Internalisasi Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan)

Ahmadin Ahmadin, Sirjon Sabia

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui Internalisasi Peran Guru PPKn dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan). Metode penelitian yang dipakai ialah kualitatif dengan mengambil Jenis penelitian adalah Phenomenology. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukan Internalisasi Peranan Guru PPKn merupakan  pengaturan ide atau praktik-praktik Program perencanaan kepada peserta didik dalam memberikan pengajaran dan keteladanan tentang karakter dan budi pekerti berupa Membeina Ketakwaan, Membina sopan santun, Membina kedisiplinan, dan Membina kesehatan siswa dari orang lain menjadi bagian dari diri sendiri sebagai insan Kamil, dan Pembentukan Karakter Peserta didik merupakan  suatu program Perencanaan Guru PPKn dalam menjalin hubungan yang baik dalam mengembangkan jati diri setiap peserta didik sebagai warga bangsa yang memiliki pengetahuan berdasarkan kebiasaan yang disiplin, berakhlak, takwa, dan berdaulat untuk mengikuti pengajaran yang efektif sehingga membentuk pribadi yang cerdas. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa Internalisasi Peran Guru PPKn dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di SMP Negeri 1 Bulagi ialah suatu pembianaan ide atau praktik-praktik Program perencanaan kepada peserta didik dalam memberikan pengajaran dan keteladanan tentang karakter dan budi pekerti berupa Membeina  disiplin, berakhlak, takwa berkepribadian dan berkeimanan, sebagai warga negara yang baik dan cerdas.

Keywords


Internalisasi Peran Guru PPKn, Pembentukan Karakter Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Rahman, Abdul 2018. Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Banggai Selatan Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Untirta Civic Education Journal. Vol. 3 No. 1, April 2018, Hal. 21-40 e-ISSN : 2581-0391.

Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum. 2013. Badan Penelitian dan pengebangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan karakter bangsa, Buku 1 Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif, Jakarta.

Nucci, Larry P. & Narvaez, Darcia. 2015. Handbook Pendidikan Moral dam Karakter. Bandung : Nusa Media.

Permendiknas 22/2006 Tentang Standar Isi Pendidikan.

Permendiknas 23/2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Rachaman, Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung Alfabeta.

Salingkat, Suhartini, dkk. 2018. Pendidikan Nilai dan Moral (Basis Pembentukan Karakter Peserta Didik). Makassar : Tohar Media.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.

Wuryandani, Wuri,. Dkk. 2015. Internalisasi nilai karakter disiplin melalui penciptaan iklim kelas yang kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Sinta1.ristekdikti.go.id. Jurnal. UNY & UPI.3793-7391-1-PB.pdf-Adabo Reader. Diakses tanggal 02 Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1347-1358.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id