Penggunaan Teknologi Guru Dalam Jabatan Melalui Kerangka Kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Nazaruddin Ali Basyah, Irham Fahmi, Zakaria A. Jalil

Abstract


Kajian ini membahas hambatan pencapaian guru dalam jabatan terhadap integrasi teknologi, dengan menggunakan prinsip-prinsip Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebagai kerangka evaluatif. Analisis data berdasarkan interaksi antar komponen inti TPACK mengungkapkan bahwa peserta kesulitan mengembangkan pengetahuan baru. Kurangnya pengalaman pedagogis membatasi pengembangan pendekatan integrasi teknologi yang tepat. Membuat basis pengetahuan baru berdasarkan komponen pengajaran yang berbeda bisa jadi sulit bagi guru dalam jabatan karena membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang pengetahuan inti dan interpretasi konteks pengajaran dan dinamikanya. Mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan faktor sangat penting dalam integrasi teknologi secara keseluruhan; para guru harus memprioritaskan untuk memperoleh PCK sebelum mengintegrasikan teknologi. Dalam pendidikan calon guru profesi, pengembangan PCK harus didukung dengan pengalaman mengajar yang sebenarnya. Hasil kajian dapat memberikan wawasan yang berharga sehubungan dengan fokus yang tepat pada integrasi teknologi dan mengenali batasan dan tantangan dalam prinsip TPACK untuk mereka yang mengintegrasikan teknologi dalam mengajar dan mereka yang merancang aktivitas berbasis TPACK.


Keywords


Guru, teknologi, pedagogi, pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Archambault, L. M., & Barnett, J. H. (2010). Revisiting technological pedagogical

content knowledge: Exploring the TPACK framework. Computers &

Education, 55(4), 1656-1662.

Angeli, C., & Valanides, N. (2009). Epistemological and methodological issues for

the conceptualization, development, and assessment of ICT–TPCK:

Advances in technological pedagogical content knowledge

(TPCK). Computers & education, 52(1), 154-168.

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2013). A review of technological

pedagogical content knowledge. Journal of Educational Technology &

Society, 16(2), 31-51.

Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Using an elaborated model of the TPACK

framework to analyze and depict teacher knowledge. TechTrends, 53(5), 60-

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual

introduction. Little, Brown.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge:

A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017-1054.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Yahya, K. (2007). Tracing the development of teacher

knowledge in a design seminar: Integrating content, pedagogy and

technology. Computers & Education, 49(3), 740-762.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1245-1250.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id