Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Di SMK Negeri 2 Paguyaman Tahun Pelajaran 2020/2021

Muchlis Harun

Abstract


Latar belakang dilakukannya Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini yaitu rendahnya kompetensi pedagogik Guru Mata Pelajaran dalam proses pembelajaran di kelas. Solusinya yaitu dengan mengefektifkan pelaksanaan supervisi akademik. Permasalahannya apakah pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas semester satu tahun 2020/2021 di SMK Negeri 2 Paguyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Mata Pelajaran dalam pembelajaran di kelas, yang manfaatnya bagi kepala sekolah adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam proses
pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata > 4,0, 2) hasil akhir > 85% dari jumlah peserta pendampingan memperoleh nilai rata-rata > 70,00 (kategori baik). Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata
(3,40), observasi guru rata-rata (3,17) dan hasil supervisi akademik Guru Mata Pelajaran rata-rata nilai (68,56). Pada siklus II observasi kepala Sekolah rata-rata (4,60) dengan persentase ketercapaian (100%), observasi guru rata-rata (4,50) dengan prosentase ketercapaian (100%) dan hasil supervisi akademik rata-rata nilai (83,67) dengan persentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.Kesimpulan; Hasil penelitian pada siklus ke 2 menunjukkan peningkatan kompetensi Guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepada Guru Mata Pelajaran sejenis agar
melakukan proses pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan dengan baik, tanggung jawab, bersunggung-sungguh demi peningkatan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.


Keywords


Supervisi akademis, kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru:

Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

______. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru.Jakarta: Proyek

Pengembangan Pendidikan Guru.

______. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi.Buku III. Jakarta:

Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

______. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek

Pengembangan Pendidikan Guru.

Suhardjono, A. Azis Hoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang

Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Digutentis, Jakarta :

Diknas

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai

KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan

Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli

di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi

Aksara

Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas,

Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”,

Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan

Menengah, Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1237-1244.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id