Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai

Zakiah Abdul Rahman Arapa

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa dalam
pembelajaran Qur’an Hadist melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
(Student teams–achiement divisions). Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Hasil dari penelitian ini kinerja guru pada siklus I sebesar 61,67%, pada siklus II sebesar 83,33% dan pada siklus III sebesar 95%. Dari data tersebut menunjukkan adanya kenaikan kinerja guru secara dinamis dari siklus I, siklus II dan siklus III. Guru berusaha memperbaiki kekurangan-kekurangannya dalam proses pembelajaran, dari cara memberi motivasi, penyampaian materi, pengaplikasian materi, pemberian tugas dan
membimbing siswa dalam menarik kesimpulan. Hasil observasi terhadap kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dari satu siklus ke siklussiklus berikutnya, menunjukkan bahwa kinerja guru sudah baik. Pada siklus I, guru sudah melaksanakan seluruh langkah–langkah pembelajaran yang telah di susun, namun belum secara optimal karena masih ada beberapa langkah yang belum dilakukan secara baik. Pada siklus II, kinerja guru semakin baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan sudah dilakukanya langkah–langkah pembelajaran secara optimal. Pada siklus III juga sudah dilakukan dengan baik, yang ditunjukan dengan banyaknya langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan secara optimal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif dan keaktifan belajar siswa.


Keywords


STAD, hasil belajar siswa, PAI

Full Text:

PDF

References


Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning (terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung :

Nusa Media

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran

Qur’an Hadist. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya : UNESA – University

Press

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Pustaka Book Publisher

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:

Alfabeta

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung :

Alfabeta

Suharsimi, Arikunto dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi

Aksara

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV

Maulana

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1155-1164.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id