Pengaruh Layanan Akademik dan Citra Institusi terhadap Loyalitas Mahasiswa Universitas Terbuka

Zulkarnaini Zulkarnaini, Rhini Fatmasari

Abstract


Loyalitas mahasiswa merupakan perilaku komitmen positif mahasiswa kepada perguruan tinggi yang ditunjukkan dengan kesetiaan dan keikutsertaan dalam proses pendidikan. Loyalitas merupakan upaya membangun suatu citra sejati, yang bukan sekedar nama, pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap loyalitas. Kualitas pelayanan menentukan eksistensi dan kekuatan sebuah citra dan brand.  Pelanggan  yang  puas  karena menerima pelayanan  yang  baik  akan  merasa senang. Oleh karena  itu,  setiap saat  mereka  akan kembali dan menjadi pelanggan  loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan akademik dan citra institusi terhadap loyalitas mahasiswa UT. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh langsung layanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.392. Citra institusi juga berpengaruh secara l;angsung terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.450, sementara citra institusi juga berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien path sebesar 0.450. Penelitian ini juga menjelaskan bahwa layanan akademik dan citra institusi secara bersana-sama berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa. 


Keywords


pelayanan yang berkualitas, citra institusi, loyalitas mahasiswa UT

Full Text:

PDF

References


Anggoro, M. L. (2001). Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta : Bina Aksara.

Arifah Bintarti, Djoko Rahardjo, N. K. W. (2018). No Title. Kajian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi, 379–399. http://repository.ut.ac.id/7969/1/ocs-2018-19.pdf

Arwanda, N. O. D., Hartoyo, H., & Hartoyo, S. (2013). Kepuasan, Citra, dan Loyalitas pada Lembaga Pendidikan Tinggi: Kasus di Akademi XYZ. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(2), 123-132. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2014.7.2.123.

Bates, A. W., & Bates, T. (2005). Technology, e-learning and distance education. Psychology Press. London: Routledge.

Belawati, T. (2003). Penerapan E-learning dalam Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Cakrawala pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Canton, B. (2004). Dasar-Dasar Publik Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ciptono, F. (2001). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Dietmar K Kennepohl. (2019). Teaching Science at Distance, in Handbook of Distance Education. Third Edition, edited by Grahame Moore.

E Knapp, D. (2000). The Brand Mindset. Yogyakarta: Andi.

Gramer dan Brown. (2006). Loyalitas Pelanggan sebagai Strategi Bersaing. Jakarta: Erlangga.

Jefkins, F. (1998). Public Relations. Edisi ke 5. Jakarta : Erlangga.

Katx, B. (1994). Komunikasi Bisnis Praktis. Penerjemah: Soeharsono. Jakarta: Pustaka Benaman Presindo.

Kotler, P. (2003). Marketing Management, Eleventh Edition. USA: Prentice Hall, Pearson Education International.

Marc J Rosenberg. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York: McGraw-Hill.

Michael LeBpeuf, P. D. (1992). Memenangkan dan Memelihara Pelanggan. Jakarta: Pustaka Tangga.

Rahayu. (2009). Strategi Meraih Keunggulan dalam Industri Jasa. Bandung: Alfabeta.

Sihombing. (2002). Pendidikan Berbasis Masyarakat (Jakarta: CV Multifuna (ed.)).

Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto. (2007). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taylor, Steven. A., Celuch, Kevin, dan G. S. (2004). , The Important of Brand Equity to Customer Loyalty. Journal of Product and Brand Management, Volume 13,.

Tim Rektorat. (2012). Laporan Akuntabilitas Kinerja Universitas Terbuka. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, C. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Utomo, P. D. (2006). Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler. Thesis: Universitas Gadjah Mada.

Weigert, K. M. (1998). Academic Service Learning: Its Meaning and Relevance New Directions For Teaching And Learning. , No. 73, San Francisco: Spring Jossey-Bass Publishers.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1285-1294.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id