Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Dalam Membuat Kisi-Kisi Soal Melalui Teknik Kelompok Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan

Imran Atute

Abstract


Peningkatan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan dalam dalam membuat tes ditandai dengan penguasaan guru secara optimal terhadap 7 indikator membuat tes mata pelajaran yaitu : a) Kemampuan menganalisis kompetensi dasar dalam kurikulum, b) Kemampuan menganalisis karakteristik siswa, c) Kemampuan analisis dan mengkaji cara membuat tes mata pelajaran, d) Kemampuan mendesain tes mata pelajaran, e) Kemampuan memvalidasi test mata pelajaran, f) Kemampuan mengidentifikasi dan menguji coba tes mata pelajaran dan g) Kemampuan menganalisis hasil tes mata pelajaranTeknik anĂ¡lisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menjabarkan secara rinci perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta hasil pelaksanaan tindakan setiap siklus sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian.Berdasarkan hasil analisis ini menunjukkan bahwa terlihat perkembangan yang cukup signifikan dari kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat test mata pelajaran. Namun demikian kemampuan guru dalam meningkatkan kemampuan guru-guru di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauandalam membuat tes mata pelajaran perlu ditingkatkan karena terdapat 3 kemampuan dalam penyusunan test mata pelajaran yang belum dapat dilaksanakan guru dengan baik.

Keywords


Kemampuan Guru, Teknik Kelompok

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2010. Bimbingan kelompok. Tersedia di http.://gurupembaharu.com/home/ ?p=4388. (Download) 2 Pebruari 2010

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek .Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas, 1998. Manajemen Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Indrayanto. 2010. Bimbingan kelompok. (Online). Tersedia dihttp://id.shvoong.com/ social-sciences/education/2025213-supervisi-akademik/. (Download, 2 Pebruari 2010)

Indrayanto. 2010.Prinsip-prinsip Bimbingan kelompok. Tersedia dihttp://id.shvoong. com/social-sciences/education/2025215-prinsip-prinsip-supervisi-akademik/.(Download, 2 Pebruari 2010)

Nurihsan Juntika Ahmad. 2005. Strategi Layanan Bimbingan kelompok. Jakarta: PT Rafika Aditama.

Nurihsan Juntika dan Yusuf Syamsu. 2007. Landasan Bimbingan kelompok. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosda Karya

Moleong. 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet XIII. Bandung: Remaja Rosdakarya

M. Surya. 1988. Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : UT.

Oemar Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Prayitno Erman Amti. 1997. Dasar-dasar Bimbingan kelompok. Jakarta: Depdikbud.

Rustantiningsih.2007.Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Bimbingan Bimbingan di sekolah Dasar (Online) Tersedia di http://re-searchengines.com/rustianti 40708 . htm. (Download, 2 Pebruari 2010)

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sudirman.2009.Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Haparan. Masa.

Sudjana. 2010. Pembinaan dan Pengembangan Karir Pengawas Sekolah. (Online). Tersedia di http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/13/pembinaan-dan-pengembangan-karir-pengawas-sekolah/. . (Download, 2 Pebruari 2010)

Sudradjat Akhmad. 2007. Kesulitan Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar (Online) Tersedia di http/www.kes.rtti.,com.press.html

Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang. 1990. Bimbingan kelompok Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.245-254.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id