Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja

Darmawan Harefa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja Guru IPA dan disiplin dengan prestasi kerja guru di SMP Nimarwati Lagundri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis korelasional. Sedangkan data dan informasi di lapangan dijaring dengan bantuan kuesioner. Penelitian ini berdasarkan pada koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,595 sedangkan thitung sebesar 6,959. Variabel bebas motivasi kerja (X1) dan disiplin (X2) baik secara masing-masing maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variabel terikat prestasi kerja (Y). kontribusi masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat ada : a) Variabel disiplin sebesar 59,5%. b) Variabel motivasi kerja guru IPA sebesar 50,3%, Kontribusi kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat adalah 69,2%. Dengan diketahuinya sumbangan variabel motivasi kerja (X1) dan disiplin (X2) sebesar 69,2% terhadap prestasi kerja guru, maka dapat diambil kesimpulan bahwa 30,8% prestasi kerja guru  disebabkan oleh faktor-faktor lain.


Keywords


Pengaruh; Displin; Motivasi, Guru IPA, Prestasi

Full Text:

PDF

References


A.S. Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.

Anoraga, P. (2012). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.

Atmodiwirjo. (2000). Manajemen pendidikan indonesia. Ardaditiya.

Bejo, S. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Bumi Aksara.

Djoko Prakoso dan I ketut Murtika. (2004). Hukum asuransi Indonesia. Asdi mahastya.

Fathoni. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Hagemann, G. (2015). Motivasi Untuk Pembinaan Organisasi. PT. Pustaka.

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan dan Lingusitik 7 (2), 49 - 73

Harefa, D. 2018. Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (1), 35-48)

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786.

Harefa, D. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8 (1), 01-18

Harefa, D. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development 8 (1), 231-231

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. PT. Prenada Media Group.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statiska. Tarsito.

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, S. dan. (2010). Statistik Pendidikan Refisi. PT. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Alfabeta.

Supardi, U. . (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. PT. Ufuk Publishing House.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. PT. Kencana Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id