Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah dalam Pembelian Polis Asuransi di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo

Djoko Lesmana Radji, Dwi Sufrirachmat Putera Nalole

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah non-probability sampling. Dan metode yang digunakan untuk pengumpulan sampel adalah metode Accidental sampling. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bauran promosi terhadap keputusan nasabah dalam pembelian polis asuransi Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo. Hasil R Square adalah sebesar 0,481. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 48,1% variabilitas keputusan nasabah dalam pembelian polis asuransi nasabah pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo dapat dijelaskan oleh bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 51,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut yakni Produk, Price (harga), Place (lokasi), People (orang), Phisical Evidence dan Proses.

Keywords


Bauran Promosi, Keputusan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Bandung, Alfabeta,

Rismiati.E. dan Ig. Bondan Suratno. 2001, Pemasaran Barang dan Jasa. Cetakan Pertama, Penerbit : Kanisius, Yogyakarta Catur E, Rismiati dan Ig, Bondan Suratno. 2001. Pemasaran Barang dan Jasa, cetakan pertama, Yogyakarta

Kotler Phlip., & Gary Amstrong, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Stanton, Wilian. J, 2008. Prinsip Pemasaran, Yogyakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sevilla, Consuelo G. et al. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI Press. Subagyo, Pangestu dan Djarwanto Ps. 2005. Statistik Induktif. Edisi 5. BPFE : Yogyakarta.

Selva temalagi dan Hengky latan. 2012. Analisis Multivariate Tehnik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. ALFABETA : Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.233-240.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id