Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia

Abdul Rahmat, Mira Mirnawati, Salma Halidu, Polan M. Dehi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Instrument penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar sudah baik, dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, dan saat kegiatan pembelajaran, selain itu implementasi pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di dalam kelas tapi juga dilakukan di luar kelas, seperti kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin, kegiatan ekstrakulikuler Kepramukaan, Palang Merah Remaja, dan kerja bakti. Dengan mengangkat nilai mandiri, peduli lingkungan, cinta tanah air dan bersahabat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik dan diterapkan oleh anak di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

Keywords


Implementasi, Pendidikan Karakter, dan Prestasi

Full Text:

PDF

References


Hafid, Anwar. Jefri Ahiri dan Pendais Haq. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Daryanto, dan Darmiatun S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yokyakarta. Gava Media

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasi Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZ Media.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prasetyo, Agus dan Emusti Rivasintha. “Konsep, Urugensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah”. Dalam http://edukasi.kompasiana.com

Mulyasa. 2014. Manajemen pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, Pupuh. AA Suryana. Fenny Fatriany. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

UNG. 2015. Panduan Karya Ilmiah. Universitas Negeri Gorontalo

Litiloli, S. 2016. Upaya Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo

Zubaedi,.2011. Desain Pendidikan karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kantitatif Kualitatif R & D). Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.217-224.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id