Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D

Hakop Walangadi, Wahyu Putra Pratama

Abstract


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media video animasi 2D pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab. Bone Bolango Pemahaman belajar siswa akan Meningkat”?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan Pemahaman belajar siswa Pada pembelelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab. Bone Bolango menggunakan media video animasi 2D. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 10 orang dengan persentase 48%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 17 orang dengan presentase 81%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video animasi 2D dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab.Bone Bolango

Keywords


Pemahaman Belajar, Video Animasi 2D, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2015. Model-Model,Media,dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Cet. V.Yrama Widya.Bandung.

Arsyad, A.2013.Media Pembelajaran.Edisi Revisi.cet,16.Rajawali Pers.Jakarta.

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran.Cet.2.Alfabeta.Bandung.

Dimyanti dan Mudjiono.2013.Belajar dan Pembelajaran.Rineka Cipta.Jakarta.

Getteng, A.R.2011.Menuju Guru ProfesionaldanBerEtika.cet,6.Grha Guru.Yogyakarta.

Gunawan, R.2014.Pengembangan Kompetensi Guru IPS.Alfabeta.Bandung.

Hasbullah.2013.Dasar-DasarIlmuPendidikan.Edisi Revisi.cet,11. Rajawali Pers.Jakarta.

Jalil, J.2014.Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Prestasi Pustaka Karya.Jakarta.

Komara, C., Fitni, D.1999.Strategi Belajar Tuntas Di Sekolah Dasar.CV Wahana Iptek.Bandung. Kunandar. 2011.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan.Rajawali Pers.Jakarta.

Pulukadang, W.T.2017.Pembelajaran Terpadu.Bahan Ajar.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono A., Harjito., Bachtiar, H.W.2014. MediaPendidikan:Pengertian,Pengembangan,dan Pemanfaatannya.Rajawali Pers.Jakarta.

Sitepu, B.P.2014.Pengembangan Sumber Belajar.Edisi 1. cet.1 . Rajawali Pers.Jakarta.

Susanto, A. 2016.Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cet .1.PrenadaMedia Group.Jakarta.

Suharsimi, A.2009.Penelitian Tindakan Kelas.Cet.8.Bumi Aksara.Jakarta.

Uno, H.B.2012.Propesi Kependidikan, Problema,solusi,dan Reformasi pendidikan di indonesia.Ed.1,Cet,.9.Bumi Aksara.Jakarta

Yanuar, A.2015.Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Cet.1.Diva Press .Yogyakarta.

Djahura, D.2012. Pemahaman Sebagai Pernyataan Hasil Belajar. http://dirman-djahura./2012/09/pemahamansebagaipernyataanhasil.html. 08 Februari 2017(13.51)

Puspitasari.2009.Penerapan Media Animasi Presentasi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pemula Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Mandarin.https://eprints.uns.ac.id/7655/1/105621610200909471.pdf. 08 Februari 2017 (13.51)

Rofei.2011. Pengertian Pemahaman Menurut Para Ahli. http://akmapala09./2011/10/pengertian-pemahaman-menurut-para-ahli.html. 08 Februari 2017(13.51)

Susanti, S.2013. Taksonomi bloom (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) serta identifikasi permasalahan pendidikan di indonesia. https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/taksonomi-bloom-ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor-serta-identifikasi-permasalahan-pendidikan-di-indonesia/. 08 Februari 2017(13.51)

Wahyudi, A.2014.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Kemampuan Gerakan Sholat Anak Autis Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Gerakan Sholat Di SDLB BHAKTI WIYATA SURABAYA. ejournal.unesa.ac.id/article/13244/15/article.pd. 08 Februari 2017(13.51)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id