Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Pratikum

Asia Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Randangan pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran partikum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Randangan yang berjumlah siswanya 27 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus melalui 4 tahap yaitu : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Analisis data yang digunakan secara umum terdiri dari proses analisis untuk menghitung presentasi keaktifan siswa dan mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Berdasarkan data dari siklus I dan II dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA melalui penerapan metode praktikum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA. Terbukti pada siklus I keaktifan siswa mencapai 72,07% dan hasil belajar mencapai 64,07%. Dengan perbaikan pembelajaran pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 83,95% dan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi 77,03%. Terbukti bahwa dengan penerapan metode praktikum IPA maka kwalitas pelaksanaan pembelajaran meningkat. Hal ini berarti hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Keywords


Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Praktikum

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2001. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Muldjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zaini. 2006. Erlangga Strategi Belajar- mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Kanginan, Marthen. 2007. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Nasution S. 1986. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: CV. Jemars

Purwadarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. [Online]. Tersedia :

http://ridwan202.wordpress.com/2008/05/03/ketercapaian-prestasi-belajar (20 Januari 2013)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Dipta

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudirman. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung : CV. Alvabeta

Tim MKDK.1990. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tresna Sastrawijaya. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta.

Winataputra. 1993. Strategi Belajar dan Mengajar IPA. Jakarta : Universitas Terbuka Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.2.91-100.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id