Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Mini

Helmi Patamani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli mini melalui tutor sebaya siswa kelas V SDN 07 Marisa Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Marisa tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan tutor sebaya selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar passing atas siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes praktik, dan pengamatan. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 12 siswa (40%) tuntas belajar dan 18 siswa (60%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 72,22% yaitu 22 siswa telah tuntas belajar dan 8 siswa (27,78%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 90% yaitu 27 siswa telah tuntas belajar dan 3 siswa (10%) belum tuntas belajar. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Marisa pada pembelajaran passing atas dapat meningkat melalui metode tutor sebaya.

Keywords


Hasil Belajar; Bola Voli Mini; Passing Atas; Model Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus KristiRinoto.2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.

.Arma Abdoellah. 1981. Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Sastra Hudaya.

Badudu Zain. 1992. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Beutelstahl, Dieter. 2007. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Piopir Jaya.

Dadang Heryana, Giri Verianti. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa SD-MI Kelas V. Jakarta: Aneka Ilmu.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Oemar. 2004. Media Pendidikan. Bandung: PT Aditya Bakti

PP.PBVSI. 1995. Jenis-jenis Permainan Bola voli. Jakarta: PBVSI.

Purwanto, M. Ngalim, MP. 1997. Psikologis Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Slameto. 1993. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudiarto. 1990. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjend Dikti.

Suharsimi Arikunto. 1993. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarifuddin Aip. 1991. Pengetahuan Olahraga. Jakarta: CV Baru

Viera, Barbara L. 2000. Bolavoli. (Tingkat Pemula) diterjemahkan oleh Monti. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.4.1.35-40.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id