Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta

Ismail Akbar Brahma

Abstract


Pembelajaran online jarak jauh merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan mahasiswa di masa pandemi covid 19 yang terjadi pada februari 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi yang terjadi pada proses pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan zoomsebagai alaternatif pemecahan masalah kegiatan pembelajaran pada mata kuliah sosiologi dan antropologi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Mandy Archibald, dkk hasil penelitiannya dengan menggunakan zoom mempermudah dalam mengumpulkan data kualitatif karena lebih efektif biaya dan kemanan terjaga.


Keywords


Zoom, learning, Online

Full Text:

PDF

References


Denissa Alfiani, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z.Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya .ISSN: 2548-5407. PascaSarjana Universitas Negeri Malang. hal 85-92

Firda Ayu, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Online SocialNetworking (OSN) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis ArgumentativeEssay Mahasiswa. Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya .ISSN: 2548-5407. PascaSarjana Universitas Negeri Malang. Hal. 145-150.

Kevin. 2020. Alasan Zoom Banyak Dipakai untuk Rapat Hingga Kuliah dari Rumah. 24 Maret 08:02. Tekno.compas.com

Mandy, Archibald, Rachel dan Mavourneen. 2019. Menggunakan Zoom Video Conferencing untuk Pengumpulkan Data Kualitatif: Persepsi dan Pengalaman Para Peneliti dan Peserta. Jurnal Internasional Metode Kualitatif. 11 September . https://doi.org/10.1177%2F1609406919874596

Yohana chandra dan Munoto. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media ZoomingUserInterface Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI SMKN3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik ElektroVol.7 No. 1.Hal 87-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id