Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping

Syamsudin Kasim

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi iman kepada hari akhir pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi iman kepada hari akhir melalui model pembelajaran Mind Mapping di kelas IX SMPN Kota Gorontalo. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dengan hasil pada siklus I yaitu dari 23 orang jumlah siswa, terdapat 11 orang siswa yang yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 52,38 %. dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu dari 23 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 22 orang siswa yang yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 96%. Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan model Mind Mapping sangat membantu guru dalam menanamkan materi iman kepada hari akhir pada pembelajaran PAI di Kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.


Keywords


Hasil belajar siswa; Model Pembelajaran; Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Djamarah Bahri Syaiful Drs dan Zain Aswan Drs. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan, Terj. Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa,

Hisnu Tantya dan Winardi. 2008. E-Book Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas IV. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Nasution Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sadiman Sadad Irawan dan Amalia Shendy.2008. E-Book Ilmu pegetahuan sosial 4: SD/MI kelas IV. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Samatowa, Usman. 2009. Daya Pikir, Daya Cipta. PT. @ndragogika Press: Gorontalo.

Sholeh Abdul Azis dan Abdul Azis Madjid. 2001. Tarbiyah Wa Turuqu At-Tadris, Jus. 1. Makkah : Darul Ma'rif

Slameto, Drs. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Siddiq Djauhar dkk. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Suprijono Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar:Yogyakarta

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya,Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno B Hamzah, M.Pd Dr. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.233-244.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id