Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Hasil di Kabupaten Muna

La Ode Roda

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi Model pembelajaran konvensional diduga merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa cenderung bersikap pasif karena selama pembelajaran berlangsung interaksi guru dan siswa sangat kurang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual kelas VI SD Negeri 4 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tongkuno yang terletak di kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menujukan Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Gejala Alam Di Indonesia di SD Negeri 4 Tongkuno . Persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan siklus II sebesar 95,83%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 25% dari siklus I dan telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan.


Keywords


Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual; PTK; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahiri, Jafar. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan siswa. Kendari: Universitas Haluoleo.

Angkowo, R. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Asmawan. 2009. Penerapan Pembelajaran Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 1 Abeli. Kendari: Universitas Haluoleo.

Djuwairiyah. 2007. Penerapan Metode Belajar Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VI. Probolinggo : SDN Tisnonegaran 2. (Diakses tanggal 4 Maret 2009 dari: http://media.diknas.go.id).

Jumadi. 2003. Pembelajaran Eksperimen Dan Implementasinya Makalah disampaikann pada Workshop Sosialisasi dan Iplementasi Kurikulum 2004 Madrayah Aliyah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Lisna. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas I SD Negeri 15 Raha Kabupaten Muna. Kendari: Universitas Haluoleo.

Nursid Sumaatmadja. 1979. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS.) Bandung: Alumni Pustaka.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Perdana Media Grup. Jakarta.

Slameto, 2007. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaefudin, U. 2009. Inovasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Balai Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah menengah. Jakarta: Depdikbud Dikti PGSM.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wartini. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Pokok Berorganisasi Kelas I di SD Negeri 1 Tapuhaka Kabupaten Bombana. Kendari: Universitas Haluoleo.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.223-232.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id