Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi

Femi Asri Pakaya

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan mutu pendidikan di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Kabila yang berjumlah 22 siswa. Teknik yang digunakan adalah menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran. Analisis data atau pengujian hipotesis dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan pada setiap akhir pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua tahap yakni kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Pada akhir pembelajaran dilakukan evaluasi dan refleksi untuk mengetahui keberhaislan pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh pada kegiatan siklus I nilai hasil test evaluasi masih rendah yakni daya serap hanya 59,16% yang mampu memahami mater yang dibelajarkan. Pada saat dilaksanakan siklus II ditemukan peningkatan yang signifikan yakni 77.4% yang sudah memahami materi pembelajaran. Dengan nilai capaian tersebut telah mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70%Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat memberikan dampak positif berupa peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


mutu; prestasi; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Didaktik Metodik.1998.Surabaya. Usaha Nasional

H. Dinn Wahyudin, D. Supriyadi, Ishak Abdullah.2003. Pengantar Pendidikan. Jakarta.

Uniersitas Terbuka

I.G.A.K Wardani, Siti Juleha, Ngadi Marsinah.2008. Pemantapan Kemampuan

Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka

Mc. Donall. 2000 Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo

Natawidjaya, Rochman 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta Depdikbud Ditjen pendidikan

tinggi. Proyek pembinaan tenaga Kependidikan. Jakarta

Pengetahuan Sosial SD Kelas IV. 2007. Jakarta. Erlangga

Penelitian Tindakan Kelas(modul). 2005. Jakarta. Universitas Terbuka

Suradistra, Fakih dan Miftuhi Bunyamin: 1998/1999 Konsep dasar IPS

Depdikbud Dirjen pendidikan tinggi Proyek PGSD




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id