Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar

Djuita Kadir

Abstract


Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kelas I SDN 05 Wanggarasi dalam kemampuan membaca permulaan, pada pelaksanaan siklus I menunjukan bahwa siswa masih kurang memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas dan siswa pasif dalam pembelajaran sehingga kemampuan membaca siswa belum meningkat. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II, aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil yang sangat baik. Sebagian besar siswa telah memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas, serta menyimpulkan hasil kegiatan secara lisan. Untuk hasil membaca permulaan sudah terlihat peningkatan dari segi membacanya sesuai dengan lafal, ketepatan. kejelasan suara dan intonasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui media gambar dapat meningkatkan hasil membaca permulaan siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I masih ada 6 orang atau 42,86% yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang atau 57,14%, sedangkan hasil pelaksanaan Siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas sudah mencapai 85,71% atau 12 orang. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 dalam membaca permulaan.


Keywords


Membaca permulaan; Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Arsyad, Azhar . 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta : PAS

Dwi Sunar Prasetyono. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarata: Think

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press

Puji, Santosa. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Rini Utami Aziz. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. Solo: Tiga Serangkai.

Rukayah. 2004. Membaca dan Menulis Permulaan dan Alternatif Membantu Siswa yang Berkesulitan. Surakarta: Universitas sebelas Maret

Soedarso. 1993. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tampubolon, D.P. 1993. Mengembangkan Minat dan KebiasaanMemabaca pada Anak. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.93-102.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id