Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Intensitas Kunjungan Siswa Membaca

Siskawati Huradju, Sri Endang Saleh, Agil Bahsoan

Abstract


Sarana dan fasilitas perpustakaan, Koleksi perpustakaan, Sistem dan prosedur pelayanan dan Sikap dan perilaku petugas) terhadap intensitas kunjungan di SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif untuk sampel, 47 orang teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket, serta analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Sarana dan fasilitas perpustakaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa, Koleksi perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa, Sistem dan prosedur pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa dan Sikap dan perilaku petugas berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa. Kemudian secara simultan Sarana dan fasilitas perpustakaan, Koleksi perpustakaan, Sistem dan prosedur pelayanan dan Sikap dan perilaku petugas) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Intensitas kunjungan siswa pada SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.


Keywords


Layanan Perpustakaan; Intensitas Kunjungan Siswa

Full Text:

PDF

References


Assegaff Mohammad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan. PT Garuda di Kota Semarang.

Aziz, Nirmawati. 2014. Efektifitas Sistem Layanan Sarana Prasarana Perpustakaan. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Darmono 2007. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo

Dewi, Putri Candra. 2013. Pengaruh layanan sirkulasi terhadap minat Kunjung pemustaka di kantor perpustakaan Daerah kabupaten jepara. Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang

Makuta, Siska. 2016. Persepsi Mahasiswa Tentang Kualitas Pelayanan Di Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

Muthoharoh. 2011. Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Mi Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Program Strata 1 (S1) Ilmu Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo Semarang

Sinaga, Dian. 2005. Perpustakaan Sekolah: Peranannya dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kreasi Media Utama

Trimo. S. 2004. Pengadaan dan Pemilihan Bahan Pustaka. Bandung Remaja Rosda Karya

Utomo B.S. 2001. Pengukuran Kinerja Perpustakaan Menurut Standar Internasional ISQ 11620 Makalah yang disampaikan pada Seminar Nasional. Jakarta Perpustakaan Nasional

Wahyu, Supriyanto. 2006. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta. Kanisius

Yulia, Yuyu. 1993. Pengadaan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka

Yusuf 1991. Mengenal Dunia Perpustakaan dan Informasi. Bandung Bina Cipta

Yusuf, Pawit. M, dan Yahya Suhendar. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta:Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.63-70.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id