Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Melalui Model Pamper

Rusniyati Abdulrahman, Mira Mirnawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Melalui Model PAMPER (Picture And Picture Media Gambar) di kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi rakyat melalui model PAMPER (Picture And Picture Media Gambar). Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan keterampilan siswa menulis puisi rakyat dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil tindakan pada setiap siklus. Pada siklus I Dari jumlah 27 orang siswa yang dikenakan tindakan pada siklus I terlihat bahwa pada aspek penentuan tema dari 27 orang siswa hanya terdapat 16 orang siswa atau 59,26% yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 25 orang siswa atau 92,59% yang terampil. pada siklus I terlihat bahwa pada aspek pengumpulan kosakata terdapat 15 orang siswa atau 55,56 % yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 26 orang siswa atau 96.30% yang terampil. Pada aspek penilaian teknik penulisan terdapat 18 orang atau 66,67% yang terampil. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 24 orang atau 88.89% yang terampil.


Keywords


Keterampilan Menulis; Model Pamper; Puisi Rakyat

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung:Sinar Baru

Algesindo.

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Bastra Yoman.2012. Hakikat Puisi Rakyat dan Ciri-cirinya dalam perspektif budaya. http://yomanbastra.blogspot.co.id/2012/06/hakikat-puisi-lama.html Akses tanggal 12 Oktober 2017

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia.

Eko Sugiarto. (2012). Pantun dan Puisi Lama Melayu. Yogyakarta: Kithah

Publishing.

Joko Santoso. 2013. Buku Pintar Pantun, Puisi Lama Melayu dan Peribahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta:Gadjah Mada

University Press.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta:Grasindo

Sutedjo dan Kasnadi, 2008, Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen.Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru

Algesindo.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Djago.dkk. 2003. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta:UT.

Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi Puisi Panduan Untuk Pelajar dan Mahasiswa.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Wendi Widya R. D. (2008). Bedah Puisi Lama. Klaten: Intan Pariwara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.53-62.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id