Pemberdayaan Perempuan Pelaku UMKM untuk Kemandirian Ekonomi dalam Program Kampung Bangkit di Desa Ciporeat

Rosida Tiurma Manurung, Ariesa Pandanwangi, Meythi Meythi, Setin Setin

Abstract


Gerakan Program Kampung Bangkit edukasi kewirausahaan untuk kemandirian ekonomi dilakukan di Desa Ciporeat agar masyarakat dan secara mandiri, masyarakat dapat memperoleh income bagi keluarganya serta menghidupkan perekonomian rakyat. Program ini lebih menekankan pada pembangunan yang bermakna oleh pengabdi dan mahasiswa dari proses sosial yang bertumpu pada konteks belajar dan transfer pengetahuan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membangun keberhasilan perempuan pelaku yang mengelola UMKM dengan berbasis kemandirian ekonomi. Sebagai teknologi untuk Program Kampung Bangkit (technology for instruction), Program Kampung Bangkit melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan meminimalkan perbedaan-perbedaan antar individu. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian ini adalah metode survei dan metode ABCD dikenal dengan istilah Asset Based Community Development. Hasil dari pengabdian ini adalah pemberdayaan perempuan berhasil dilakukan di Desa Ciporeat, perempuan dapat melakukan dan menjalankan usahanya, sehingga membantu keuangan keluarga. Mereka menjadi perempuan mandiri secara ekonomi, dan menjadi perempuan yang lebih percaya diri.

Keywords


Perempuan pelaku UMKM; kemandirian ekonomi; Program Kampung Bangkit;

Full Text:

PDF

References


Alashari, Duaa, and Johor Bahru. 2021. “The Significance of Feldman Method in Art Criticism and Art Education.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation 25(2):877–84.

Aryani, Dewi Isma, Ariesa Pandanwangi, Ida, Rosida Tiurma Manurung, and Olga Catherina Pattipawaej. 2021. “Pelatihan Pembuatan Materi Pembelajaran Digital Adaptif Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Masa Pandemi.” Community Empowerment 6(9):1600–1608.

Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. 3rd ed. edited by S. Z. Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitrianto, Achmad Room, Athifa W. Fitr. Khoirunnisa, Lailatul Amaliyah, Husnul Khotimah, and Riyatul Qibtiyah. 2020. “Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Partisipatorif Dalam Memelihata Irigasi Pertanian Di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun).” ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(2).

Hidayati, Sri, Idris H. M. Noor, Simon Sili Sabon, Bambang Suwardi Joko, and Kusuma Wijayanti. 2020. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA. edited by I. Kintamani Dewi Hermawan, J. Damanik, and I. Zamjani,. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Manurung, Rosida Tiurma, Olga Pattipawaej, and Ratnadewi Ratnadewi. 2021. “Penyuluhan Protokol Kesehatan Di Angkutan Umum Bagi Sopir Kopamas Di Kota Bandung.” Community Empowerment 6(6):965–70.

Marliani, Yayu Ulfah, and Raka Tasadila. 2021. “Pemetaan Sosial Masyarakat Desa Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung.” Jurnal RASI 2(2):77–90.

Mustadi, Ali, Muhammad Nur Wangid, Enny Zubaidah, and Mohammad Farizqo Irvan. 2019. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal Bagi Guru SD.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):203–8.

Pandanwangi, Ariesa, Olga Catherina, and Erwani Merry. 2019. “Pendampingan Komunitas Pembatik Melalui Pelatihan Alih Pengetahuan Membatik Dengan Material Berbasis Kearifan Lokal.” ENGAGEMENT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):68–79.

Samodoro. 2020. “Landmark Sebagai Penanda Yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang Di Tangerang Selatan.” Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan 2(No. 1):1–9.

Soedarwo, Vina Salviana Darvina, Nurul Zuriah, Ratih Yuliati, and Suwignyo. 2017. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berbasis Potensi Lokal Dalam Membangun Desa Wisata Adat.” Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis 2(2):96–102.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhendri, Suhendri, Rijal Sabri, Zainal Arifin, M. Arif Rahman, Tharina Ainaya, and Hendra Alsa Fahmi. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(1):1–5.

Sulistiyorini, Nur Rahmawati, Rudi Saprudin Darwis, and Arie Surya Gutama. 2015. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug.” Share : Social Work Journal 5(1):71–80.

Susilawati. 2018. “Pemberdayaan Perempuan Di Kampung Damai: Studi Pendampingan Komunitas Oleh Wahid Foundation Di Gemlegan Klaten.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan 2(2):425–46.

Taylor, Steven J., Robert Bogdan, and Marjorie L. DeVault. 2016. Qualitative Reseach Methods. 4th Editio. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

De Vaus, David. 2002. Survey in Social Research. 5th Editio. New York: Taylor & Francis Group.

Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan (1st Ed.). (1st ed.). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.1-6.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id