Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kelompok A1 TK Negeri Pembina Tingkat Nasional

Johana Kastanja, Sri Watini

Abstract


Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bernyanyi “Asyik “Di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasinya adalah anak kelompok A1 berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki – laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahwa menyanyi lagu Asyik dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, mereka dapat melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman dalam hal apapun diawali dan diakhiri menyayi lagu “Asyik”. Hal ini dapat di buktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh presentasi percaya diri sebesar 35, 29 % pada pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 82,35 %. proses kegiatan bernyanyi lagu Asyik sangat di sukai anak – kanak karena mudah di terapkan dan sangat sederhana untuk kelompok usia 4- 5 tahun. Melalui bernyanyi lagu Asyik anak dapat menunjukan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas, berani tampil di depan umum dan reaksi emosi yang gembira saat bernyanyi. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data di atas menunjukan bahwa metode bernyanyi Asyik dapat meningkatkan rasa percaya diri anak Kelompok A1 di TK Negeri Pembina Tingkat Nasional.

Keywords


Metode bernyanyi Asyik, Rasa percaya Diri, TK

Full Text:

PDF

References


Amaliasari kesuma. (2013). Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta. Erlangga Esensi grup.

Anggreini Ayu. (2017). penerapan bermain untuk membangun Rasa percaya diri anak usia Dini (journal of early childhood and inclusive education) Vol 1 No 1.

Arikunto.S. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta.Rineke cipta.

Arianty A.&Watini S (2022) Implementasi "Reward Asyik" untuk meningkatkan motivasi belajar Anak kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan, 5(3)939-944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Aziz Safrudin (2017) Strategi Pembelajaran Aktif anak usia Dini. Jogjakarta. kalimedia.

Dimyati, J (2013) Metodologi pendidikan dan aplikasinya. Jakarta. Kencana prenada media.

Frida Eka, Watini S. (2022). Penerapan reward ASYIK dalam meningkatkan minat baca melalui permainan tebak huruf di paud uma kandang tembarangan https://doi.org/10.54371/JIIP.v518.773

Henny Puspitarini (2015) Membangun Rasa Percaya diri anak. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

H E. Mulyasa (2012) Manajemen PAUD. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

HKI Kemenkuham Sri Watini, Bernyanyi asyik. Nomor Pencatatan 000202003.4 Agustus 2020.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan Direktorat jendral guru dan tenaga pendidikan. (2018). No 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah Jakarta.

Muhammad Fadhillah. (2012). Desain pembelajaran Paud. Jogjakarta. Ar – Ruzz media.

Susanto Ahmad. (2010). Perkembangan anak usia Dini. Jakarta. PT kencana.

Risaldy Sabil. (2014). Bermain bercerita dan menyanyi bagi anak usia Dini.

Jakarta Timur. PT Luxima Metro media.

Rohmad. (2017). Proses belajar mengajar berkualitas perspektif pendidikan Islam

pengawal pancasila. Yogjakarta. Gerbang mulia.

Setyowati J & Watini S. (2022). Meningkatkan kosentrasi belajar anak melalui model bermain Asyik di TK Mutiara Cemerlang (Journal Pendidikan Tambusai) Vol 6 No 1 https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253.

Viola T Devana, Watini S. (2021). Teori kuantum baru sesuai sains dan teknologi dengan kaidah ilmu islam, https://adijournal.org/index.php/abdi/article/view/450

Watini S. (2016), “Buku Monograf Modul Bermain “ASYIK” untuk Anak Usia Dini, Penerbit: Bandung Cahaya ilmu.

Watini S. (2018). Model desain bermain ASYIK dalam pembelajaran sains untuk anak usia Dini No pencatatan 000105414.

Watini S & Effendy H. (2018). Metode bermain Asyik berbasis multiple itellegence dalam proses pembelajaran sains di program pendidikan anak usia dini. Institute macrothink.

Watini S. (2020). Implementasi model pembelajaran sentra pada TK labschool STAI Bani saleh Bekasi. Pendidikan guru PAUD, STKIP Panca sakti bekasi DOI: 10.31004/ obsesi. v4il.190.

Watini S. (2020).“Implementasi of Asyik play model in enhancing character value of early Childhood”. Journal of Physics : Conference Series,Volume 1477042055. https: // doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055.

Watini S. (2020). Implementation Of Asyik Play Model In Enchancing

Character Value Of Early Childhood. Jphys:conf.ser.1477 042055.

Wibawati K, Watini S. (2022). Implementasi reward Asyik dalam meningkatkan percaya diri anak kelompok B di TK Aisyyah 24 kayu Putih pulo gadung . Jakarta Timur https://doi.org/10.5431/JIIP.v518.811




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2171-2180.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id