Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi

Arini Susanti, Sri Watini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar pada anak dengan menggunakan Model Bermain “ASYIK” dengan menggunakan nyanyian dan yel-yel pada kegiatan awal dan recalling pada anak kelompok B TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Juga dalam hal ini yang ingin dicapai oleh penulis adalah adanya peningkatan semangat anak dalam belajar di kegiatan Inti pembelajaran dan diakhir kegiatan (recalling) sehingga anak akan semangat belajar dan besok datang lagi kesekolah dengan semangat. Bentuk penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang terdiri dari 4 langkah yaitu ; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Dalam menganalisis data menggunakan uji regresi sederhana. Penggambilan sampel menggunakan total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 10 siswa.Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adanya peningkatan semangat anak dalam belajar di kegiatan Inti pembelajaran dan diakhir kegiatan (recalling) sehingga anak akan semangat belajar dan besok datang lagi kesekolah dengan semangat TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi.

Keywords


Semangat Belajar, Recalling, Model Bermain ASYIK, TK

Full Text:

PDF

References


Arianty, & Sri Watini (2022). Implementasi “Reward Asyik”untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. Bekasi : Dalam jurnal Universitas Panca Sakti, Bekasi,Indonesia, Vol 5 No 3.

Fadhilah, Ismatul & Siti Khomsiyati. (2014). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Di Sh-Shidiqi Rajasa Baru , Dalam Jurnal STAI DARUSSALAM LAMPUNG.

Hayati ,et al. (2019). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bekasi : Dalam jurnal Program Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta 8, No 2.

Kemenkumham : HKI Lagu, Reward & Yel-yel ASYIK Nomor: 000202004 atas nama Sri Watini

Ridwan, & A.Fajar Awaluddin. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Roudhatul Athfal. Bone :Dalam Jurnal STAI Al-Gazali Bone, IAIN Bone Vol 13, No 1.

Roffina , Zamrat Desi. (2020). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi Dan Fungsi Melalui Pendekatan Scientific. Riau : Dalam Jurnal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rambah Rokan Hulu Vol 4, No 1.

Setyowati , Juli & Sri Watini. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang. Bekasi : Dalam jurnal Pasca Sarjana PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi Program Studi Pasca Sarjana PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi Vol 6, No 1.

Sumarni ,Ria Asep, et al. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Dalam Jurnal Program Studi Teknik Informatika,Universitas Indraprasta PGRI Vol 4, No 1.

Suprihatin, Siti (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.14

Tejapermana ,Prisma Tejapermana,et al.(2018). Pengembangan Model Gerak dan Lagu Berbasis Budaya Lampung Untuk Guru PAUD Di Bandar Lampung. Lampung: Dalam Jurnal STKIP Al Islam Tunas Bangsa Vol 1, No 1.

Watini ,Sri & Hady Efendy. (2018). The Playing Method "Asyik" Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5 - 6 Years. Journal of Studies in Education. Vol 8, No.1.

Watini, Sri . (2019) Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Bekasi : Dalam jurnal Dosen PG-AUD STKIP Panca Sakti Bekasi , Vol 3 No 1.

Watini, Sri . (2020) Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Bekasi : Dalam jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Panca Sakti Bekasi, Vol 4 No 1.

Watini, Sri. (2016). Modul Bermain "Asyik" Untuk Anak Usia Dini. Bandung : Cahaya Ilmu

Watini, Sri & Viola Tashya Devana.(2021). Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam, https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450

Wulandari, Rina . (2022). Profil Lagu untuk Anak Usia Dini . Yogyakarta : Dalam Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta Vol 4, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2077-2084.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id