Peningkatan Keterampilan Membuat Peralatan Rumah Tangga Berbahan Baku Kayu Bekas

Krishna Hutama, Ariani Ariani, Gihon Nugrahadi, Hendy Rosadi

Abstract


Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi mereka yang berpenghasilan di bawah UMR (Upah Minimum Regional). Salah satu upaya tersebut adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, yang pada akhirnya diharapkan dapat menjadi sumber lapangan usaha baru. Dalam kesempatan kali ini, Program Studi Desain Produk FSRD Universitas Trisakti, melaksanakan pelatihan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema pembuatan peralatan rumah tangga dari kayu bekas. Kayu bekas merupakan sumber daya material yang murah dan banyak dijumpai, yaitu berasal dari kayu sisa pabrik mebel, furniture, dan peti kemas. Masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan adalah pemuda Karang Taruna dari RT 008, RW 004, Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kayu bekas menjadi produk fungsional dan bernilai ekonomi. Metode eksperimen dilakukan pada tahap persiapan, dilanjutkan dengan metode partisipatori dan pendampingan pada pelaksanaan pelatihan. Melalui pelatihan ini, para peserta menguasai keterampilan dalam membuat produk-produk berbahan kayu bekas. Hasil PkM berupa produk fungsional seperti: wadah serba guna, rak bumbu, tempat tisu, nampan, dan alas gelas, diharapkan dapat dikembangkan sebagai peluang usaha untuk meningkatkan penghasilan.

Keywords


peningkatan keterampilan, peralatan rumah tangga, kayu bekas, Karang Taruna, bernilai ekonomi

Full Text:

PDF

References


Adisurya, S. I., Ariani, Wilastrina, A., Wiemar, R. (2021). Peningkatan Kreativitas Remaja Karang Taruna Dalam Membuat Hiasan Kepala dan Masker untuk Tari Betawi Kreasi. Jurnal Aksara, 07(02), 177-190. DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.177-190.2021.

Ariani. (2018). Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Menjadi Media Tanam (Pot) Di Lahan Sempit. Abdimas Pedagogi, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1-7. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i1p1-7.

Denzin, N. K. dan Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Muharrar, S. (2013). Kreasi Kolase Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sutanto J, Gede P, C., Tedjokoesoemo, P. (2017). Upcycle Limbah Kayu Palet Jati Belanda Menjadi Wadah Modular Serbaguna untuk Anak-Anak (Studi Kasus: Kota Surabaya). Jurnal Intra, 5(2), 829-838.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2021-2030.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id