Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah

Maelawati Suhardja, Sri Watini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak kelompok B di RA Miftahul Jannah, Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu untuk memperoleh gambaran kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Jannah dengan metode bernyanyi dan reward “Asyik”. Metode bernyanyi dan Reward “Asyik” merupakan inovasi pembelajaran model baru, yang dikembangkan oleh Sri Watini (2020) dan sudah mendapat hak paten karya cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Patent No.EC00202025792) Metode bernyanyi dan reward “Asyik” digunakan ketika guru sedang mengevaluasi pembelajaran hari ini, guru mengajak anak-anak untuk menyanyikan bersama “ Bagaimana belajar hari ini “Asyik” (sebanyak 4 kali) dilanjutkan dengan menirukan huruf A dengan jari berbentuk A(Aman), S(Senang), Y(Yakin dan Percaya diri) I(Inovatif), K(Kreatif) kemudian guru memberikan pertanyaan tentang materi pada hari ini dan ketika ada yang berani menunjuk tangan maka guru menunjuk anak tersebut dengan terlebih dahulu mengatakan “katakan” kemudian anak didik yang ditunjuk oleh guru berkata sambil menunjuk ke dirinya “Aku Hebat, Aku Bisa, Aku Berhasil, Yes...yes...yes!!. Dari pengamatan peneliti disimpulkan ternyata dengan melalui metode bernyanyi, reward “Asyik” dan yel-yel “Asyik” dapat meningkatkan kemandirian anak.

Keywords


Model Asyik, Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Arianty, & Watini, S.(2022) Implementasi Reward Asyik untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok B di TK Yapis II baiturrahman. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Chairilsyah, D. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88-98. Dewi, Citra,. Asrori, M., dan Yuline. 2014. Analisis Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: 3 (10). Hewi, La. 2015. Kemandirian Usia Dini di Suku Bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini: 9(1):76-81. Illahi, Sri Rahayu. 2016. Analisis Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bhakti Bunda Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Universitas Riau. Martinis, Yamin dan Sannan, Jamilah Sabri. 2013. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press. Mudiyah, M., & Watini, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Boneka Jari pada Anak Usia 4–5 Tahun di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4258-4265. Rahma, Siti., Utami, Dwi Ade dan Hapidin. 2016. Kemandirian anak usia 5-6 tahun di komunitas lingkungan pemulung. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI: 11(1). Rohmah, Tuti. 2012. Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-A di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Surabaya: UNESA. Setyowati, J., & watini.s, (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain”asyik” (reward & yel-yel “asyik”) di tk mutiara cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2065-2072. Watini, S. (2016, Oktober 3). Modul Model Bermain ASYIK untuk Anak Usia Dini. Bandung: Cahaya Ilmu Bandung Watini. S (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1477/4/042055

Watini, S. (2020) (Kemenkumham Lagu Reward & Yel-Yel Asyik 2020 HKI EC00202025792, No registrasi 000202003, 4 Agustus 2020) atas nama Sri Watini. Watini, S. (2020). Implementation of asyik play model in enhancing character value of early childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042055. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/4/042055 Watini, S. (2020). Implementation Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal Of Physics: Conferens Series. Retrieved from Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1477/4/042055




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id