Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi

Kartika Nurwita Kurniati, Sri Watini

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar dan untuk mengungkapkan efektifitas penerapan “Metode Bernyanyi Asyik” terhadap peningkatan semangat belajar pada anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al Islam Petalabumi yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi dengan harapan data yang dihasilkan valid, subjektif dan otentik. Rangsangan belajar dalam bentuk penghargaan mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan gairah, semangat dan rasa senang anak. Anak yang memiliki motivasi yang kuat akan memiliki energi yang banyak untuk melakukan kegiatan belajar, namun anak yang memiliki intelegensia yang cukup tinggi bisa gagal bila kurang motivasi. Oleh sebab itu selain metode bernyanyi yang digunakan untuk meningkatkan semangat belajar, anak perlu mendapat penguatan, pujian dan sanjungan. Melalui reward “ Asyik” Aku bisa, Aku hebat, dan Aku berhasil “, anak semakin bersemangat belajar. Anak menjadi yakin dan percaya diri dalam mengungkapkan keinginannya. Metode bernyanyi “ASYIK” dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar anak usia 5-6 tahun di RA Al Islam Petalabumi.

Keywords


Metode, Bernyanyi asyik, Semangat belajar, Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


Yunita, Watini Sri. (2022) Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini

Melalui TV Sekolah.

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/729/674

Watini, Sri, Viola T Devana (2021), Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam, https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450

Hidayati Tuti, Watini Sri (2022) Implementasi Atik dalam meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui Kegiatan menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/479/393

Watini, Sri. Effendy, 2018. The Playing Method ASYIK Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years https://www.macrothink.org/journal/index.php/jse/article/view/12108

Ridwan dan Awaluddin, A.F (2019), Penerapan Metode Bernyanyi dalam meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Didaktik Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol.13, No.1, Juni 2019

Watini, S. Lagu Reward & Yel-Yel Asyik (HKI EC00202025792, 4 Agustus 2020)

Arianty, Watini, Sri (2022) Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman.

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/515

Watini, Sri. (2016). Modul Bermain Asyik untuk anak Usia Dini https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253

Setyowati, J & Watini, Sri (2022), Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Melalui Model Bermain “Asyik” (Reward & Yel-Yel “Asyik) di TK Mutiara Cemerlang. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253 10.Watini, Sri. (2019) Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Athfal Assu’Ada Cijerah Bandung. https://jurnal.kopertais1.or.id/alim/article/view/120 11.Watini, Sri (2019) Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/190 12.Mulyati, E, Watini, Sri (2022), Implementasi Model Atik Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi menggunakan bahan loostpart di TK Mutiara Setu http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/478/391

Italiana, F. Watini, Sri (2022) Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningatkan Kreatifitas Guru.http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/486

Pardede, R. Watini Sri (2021) Damak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1633 15. Palupi, R. Watini Sri (2022) Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak usia Dini melalui Permainan tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/466/385




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id