Peran TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi yang Efektif di RA Senyum Muslim

Neneng Yulianah, Sri Watini

Abstract


Kajian ini mendiskripsikan terkait peran TV sekolah sebagai media pembelajaran dan komunikasi yang efektif di RA Senyum muslim. TV merupakan media sosial sebagai sarana penyiaran dalam bentuk gambar-gambar yang disertai suara atau bunyi, sehingga menghasilkan suatu tontonan yang menarik, menghibur dan edukatif bagi kalangan anak-anak hingga dewasa. TV Sekolah Fordorum dikembangkan oleh Dr. Sri Watini (CEO) Drs. Karnadi, MRDM (CIO) dan Sigit W. Triwibowo, S.Sn (CTO). TV Sekolah ini memiliki beberapa fitur antara lain Panggung Sekolah, Perpustakaan Digital, Kelas Virtual dan Bazar Sekolah sedang dalam proses pengembangan. Peran TV Sekolah sebagai media pembelajaran dan komunikasi yang efektif di RA Senyum Muslim, merupakan media yang sangat ampuh (apowerful medium) dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat secara serempak. Selain itu, mempunyai potensi untuk penetrasi dalam mempengaruhi sikap, kreativitas, motivasi, pandangan, gaya hidup, dan orientasi masyarakat. Bahkan tak kalah pentingnya siaran televisi juga memiliki potensi untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian, siaran TV merupakan salah satu bentuk sumber belajar dan pempelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kajian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data secara universal, Observasi serta tanya-jawab kepada responden di RA Senyum Muslim.

Keywords


TV Sekolah, Media Pembelajaran dan Komunikasi, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2020). Dampak Covid-19 Bagi Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud

Andrian Dwi , watini s 2022 Implementasi TV Sekolah Berbasis Literasi Digital di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Barat: VOL. 5 NO. 4 (2022): JIIP (JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN)

Harahap Ernawati, watini sri tahun 2022 Pengaruh Penggunaan Media TV Sekolah dan Metode Belajar Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak

Italiana Fifi , Watini S, Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Latifah Ifat , Watini S, Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Mariasi Mariasi, Watini S Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).

Peday Yulince , Watini S Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari: VOL. 5 NO. 3 (2022): JIIP JURNAL ILMI AH ILMU PENDIDIKAN)

Rahmawati, Oom & Watini S, 2022. Pemanfaatan Tv Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 196-207.

Rannu Debora , Watini S 2022 , Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Suwardi, Laila Fitri & Watini S, (2022). “Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal.

Tafonao Talizaro tahun 2018 PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA jurnal komunikasi pendidikan Vol 2, No 2 (2018)

Watini sri, dkk, 2020 ; TVSEKOLAH WAHANA KREASI (tvsekolah.id)

Watini sri, 2019: Strategi Pembelajaran nilai – nilai Agama di Raudhatul Athfal Assu Cijerah Bandung vol 1 no 1 ( 2019 ) ALIM JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1841-1848.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id