TV Sekolah Sebagai Media Meningkatkan Kreativitas Guru Di TKIT Ar-Rahman 1

Elliza Elliza, Sri Watini

Abstract


Saat ini dunia telah memasuki pada era digital, hal ini terkait dengan ilmu pengetahuan dan tuntutan zaman. Pengertian umum era digital adalah suatu kondisi zaman ataupun kehidupan yang mana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan sudah bisa dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Dunia Pendidikan termasuk yang mendapatkan dampak dari perkembangan digital. Saat pandemik covid-19, awal 2019, seluruh dunia merasakan perubahan sangat drastis pada semua aspek kehidupan. Dalam jaringan (online) menjadi solusi tetap berjalannya sistem pendidikan semua jenjang di seluruh dunia. Dunia menjadi seperti dalam genggaman, jarak dan waktu menjadi tidak terbatas. Dunia Pendidikan tidak lepas dari dampak perkembangan digital dan terjadinya pandemic covid-19 lalu, sehingga metode pembelajaran dalam jaringan (daring) menjadi pilihan satu-satunya agar Pendidikan terus berjalan. Disini peran para guru sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan, guru dituntut untuk tetap dapat beraktivitas dan berinteraksi dalam proses pembelajaran serta di masa ini guru ditunyut memiliki ketrampilan digital dan kreativitas dalam menyediakan pembelajaran daring yang menarik bagi para peserta didiknya. Hadirnya TV Sekolah para guru dapat menuangkan kreativitasnya menjadi sebuah tayangan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan, disusun hingga menjadi sebuah tayangan di TV Sekolah yang dapat di akses oleh peserta didik, orang tua murid di TKIT Ar-Rahman 1.

Keywords


TV Sekolah, PAUD, Kreativitas Guru

Full Text:

PDF

References


Debora Rannu, Sri Watini, Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa, 2022, http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/485 .

Fifi Italiana, Sri Watini, Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru,

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/486 , 2022.

FL Suwardi, Implementasi Siaran TV Sekolah sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal P-ISSN 2407-8018 E-ISSN 2721-7310 DOI prefix 10.37905 Volume 08 (2) May 2022. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara Gracia RK, Sri Watini, Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah, http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/467 , 2022.

Ifat Latifah, Sri Watini, Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah, http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id , 2022. Makarim, Chodidjah. (2015). Peran Media Massa Televisi Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/FIKRAH/article/view/116/114

D. Wijana, MM., Widarmi, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, http://repository.ut.ac.id/4724/1/PAUD4409-M1.pdf.

Karunia Mulya Putri, Vanya, Literasi Digital: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tantangan dan Contoh, Kompas, 2021

Oom Rohmawati, Sri Watini, Pemanfaatan Tv Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1708 , 2022, HKI Kemenhumkam atas nama Sri Watini, Dkk dengan nomor pencatatan 000224874, tertanggal 1 Juli 2020 diterbitkan di Jakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Sagala, Syaiful (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Prasetya, 2007. http://eprints.umm.ac.id/38237/3/bab%202.pdf .

Sumarni, Nani (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Tekhnologi Informasi Untuk Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/download/59/52 . Suyadi, Konsep Dasar Paud, Rosdakarya, Bandung, cet. I, 2013 Tim Pustaka Familia, Warna-Warni Kecerdasan Anak Dan Pendampingannya, Kanisius, Yogyakarta, 2006.

Yulince Peday, Sri Watini , Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari, http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id , 2022. Watini, Sri, Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2019.

Yuniati Ningsih, Dwi, Sri Watini, Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia, http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/477 , 2022.

Yunita Yunita, Sri Watini, Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/729 .




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1747-1758.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id